Pelatihan Aplikasi SISKEUDES 2023 Berjalan Sukses, Begini Kata Ketua PPDI Tebo

Peserta Saat Pelatihan Siskeudes 2023 Di Kota Jambi

Kerisjambi.id-JAMBI-Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Tebo menggelar pelatihan pengelolaan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) yang dimulai sejak tanggal 23 hingga 26 Februari 2023 Berjalan lancar  dan sukses.

Pelatihan digelar di Kota Jambi, tepatnya di Aula Hotel BW luxury, kegiatan tersebut dihadiri sebanyak 81 desa dengan jumlah peserta 182 yang terdiri dari Kepala Desa, Sekdes, Kaur Keuangan dan Kaur Umum.

Ketua PPDI Kabupaten Tebo Zaiyen Amin mengatakan, Tujuan kegiatan Pelatihan Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan perangkat Desa dalam pengelolaan keuangan Desa dengan penggunaan aplikasi (SISKEUDES).

Diharapkan dengan pelatihan digelar bisa terwujudnya pengelolaan keuangan desa yang efektif sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pengelolaan aplikasi siskeudes dengan versi 2.05 bagi Kaur Keuangan dan Sekdes”, Ungkap Ketua PPDI Kabupaten Tebo Zaiyen Amin minggu (26/02/2023).

Sementara itu pelatihan siskeudes juga menghadirkan beberapa pameteri, diantaranya, dari BPKP, Biro Organisasi, Dinas PMD Provinsi Jambi dan Juga dari Perpajakan.

Kegiatan pelatihan Siskeudes yang digelar oleh Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Tebo yang dimulai sejak tanggal 23 hingga 26 Februari 2023 dikota Jambi mendapat tanggapan positif dari beberapa peserta.
Salah satunya, Sekretaris Desa Bedaro Rampak Atlek Kurniawan, Atlek menyebutkan, kegiatan yang dilaksanakan oleh PPDI sangat membantu bagi perangkat desa, khsusunya Kaur Keuangan.

“Alhamdulillah kami sebagai peserta merasa terbantu, apalagi bimbingan teknis ini sangat kami perlukan”,ungkapnya.

Dirinya berharap, usai dari bimbingan Siskeudes ini, tata cara pengelolaan keuangan bisa lebih baik lagi.

“mudah-mudahan pengelolaan keuangan desa lebih baik lagi kedepannya”,ucapnya.

Hal sama juga disampaikan oleh Kaur Keuangan Desa Teluk Rendah Ilir Syanwani, ia mengatakan pelatihan siskeudes memang sangat perlu dilakukan, karena ada beberapa sistem pada aplikasi pada versi terbaru ini yang belum diketahui oleh perangkat desa.

“selaku kaur keuangan merasa terbantu dengan kegiatan bimtek Siskeudes yang digelar PPDI”,tutur Syanwani.(Redaksi)