SOSIALISASI PROGRAM INOVASI DESA ( PRO-IDE ) DI Desa Setiris Sukses Dilaksanakan

 

Balai Desa Setiris| 02 Oktober 2023| 21:00 WIB

Kerisjambi.id | Jambi – Desa Setiris, Kec. Maro Sebo, Kab. Muaro Jambi. Pada hari Senin, 2 Oktober 2023, TIM ProIde Universitas Jambi, melaksanakan sosialisasi kegiatan kepada masyarakt desa Setiris di Balai Desa Setiris. 

Sosialisasi ini dilaksanakan oleh dua tim PRO-IDE UNIVERSITAS JAMBI, yang terdiri dari: Pertama adalah PRO-IDE dari ormawa “Agribisnis English Club” yang berjudul “ Implementasi Smart Farming Berbasis LEISA (Low external input sustainable agriculture) dan Digital Marketing Pada Komoditi Padi Sawah di Desa Setiris”. Kedua adalah PRO-IDE dari ormawa “Mapala Siginjai”, dengan judul “ Asistensi dan Pendampingan Petani Hortikultura Menuju Pertanian Cerdas Di Desa Setiris Kecamatan Maro Sebo Kabupaten Muaro Jambi “.

Tim Pro-ide AEC ini beranggotakan 15 orang, yang diketuai oleh Teggu Pebrianto Sianturi dan 14 anggota lainnya ( Khumairah Ritonga, Aulia Rizki Amarta, Ita Giberta Ginting, Tesa Septiani, Nurdin Paroito Batubara, Vienka Khairunnisa, M.Gilang Romadhon, Agustinus Situmorang, Lukman Adji, Reihan Abdillah, Anggun Nainun Jayanti, Keysha Abigail, Amelia Deswita, dan Eraldo Sandy Partha).

Tim PRO-IDE dari ormawa “Mapala Siginjai” beranggotakan 11 orang yang diketuai oleh Aria Dwi Riski dan 10 anggota lainnya ( Muhammad Arabian, Sarah Dwi Salsabilah, Irvan, Daniel Alpajri, Annisa Al-Hafizha, Ima Rahmadani, Sufyan, Dwiki pransisco, M. Rifko, dan Yousa Van Zoi ).

Dua tim PRO-IDE ini menjadi pusat perhatian acara dengan presentasi dan ide-ide inovatif yang mereka bawa. Teggu, Ketua Tim PRO-iDE AEC, dalam sambutannya mengatakan, “Kami dari AEC berkomitmen untuk berbagi inovasi dan pengetahuan yang mendukung perkembangan Desa Setiris. Dan atas kesempatan yang diberikan kepada kami saya sangat bersyukur dan berterimakasih, dan kami berharap kerjasama yang erat dengan seluruh masyarakat setiris.”

Aria, Ketua Tim PRO-IDE Mapala Siginjai, menambahkan, “Tim kami memiliki visi untuk mengintegrasikan pelestarian lingkungan dengan perkembangan desa. Kami berharap ide dan inovasi yang kami bawa dapat diterima dan memberikan manfaat nyata bagi Desa Setiris.”

Acara ini dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat Desa Setiris. Kepala Desa Setiris, serta pembina Program Inovasi Desa memberikan sambutan yang menghangatkan suasana dan menekankan pentingnya inovasi untuk kemajuan desa. Selain itu, hadir pula para Ketua Kelompok Tani Desa Setiris yang turut memberikan dukungan penuh atas program ini. Tak ketinggalan, masyarakat Desa Setiris pun turut serta memeriahkan acara dengan antusiasme yang tinggi.

“Kami berterima kasih kepada tim PRO-IDE dari AEC dan Mapala Siginjai yang telah bersedia berbagi ilmu dan inovasi untuk kemajuan Desa Setiris. Kami yakin, dengan kolaborasi ini, Desa Setiris akan semakin maju dan inovatif,” ucap Umran Nurdin Kepala Desa Setiris dalam sambutannya.

Tak ketinggalan, Dosen Pembina Program Inovasi Desa, Ir. Elwamendri, M.Si pun turut memberikan sambutan hangatnya. “Sebagai Dosen Pembina Program Inovasi Desa, saya merasa bangga dan beruntung dapat bekerjasama dengan Desa Setiris. Saya menitipkan mahasiswa dari ormawa AEC dan Mapala Siginjai untuk melaksanakan program di desa ini. Harapan saya, seluruh masyarakat Desa Setiris dapat memberikan dukungan, bimbingan, serta kerjasama yang baik kepada mereka. Semoga, kita semua dapat bersama-sama mewujudkan Desa Setiris yang lebih maju dan inovatif,” tuturnya.

Dengan kegiatan sosialisasi ini, Desa Setiris optimis akan mampu mengembangkan inovasi yang berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Semangat kolaborasi antara pemerintah desa, ormawa, dan masyarakat menjadi bukti nyata bahwa Desa Setiris siap menuju masa depan yang lebih cerah. ( TESA SEPTIANI/KJA )