GALI POTENSI DESA; TIM BRI PUSAT DAN WILAYAH TINJAU UNIT USAHA BUMDESA DI DESA IBRU


Kerisjambi.id-Potensi menurut Nurhayati (2017) adalah kemampuan yang mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan seperti kekuatan, kesanggupan, dan daya yang bisa di kembangkan menjadi lebih besar. Istilah potensi tidak hanya ditunjukkan untuk manusia tetapi juga untuk identitas lain, seperti istilah potensi daerah, potensi wisata dan lain sebagainya. Sedangkan menurut Ahmad Soleh (2017) potensi lokal desa adalah daya, kekuatan, kesanggupan dan kemampuan yang dimiliki oleh suatu desa yang mempunyai kemungkinan untuk dapat dikembangkan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selanjutnya menurut Soleh Secara garis besar potensi desa dapat dibedakan menjadi dua, pertama adalah potensi fisik yang berupa tanah, air, iklim, lingkungan geografis, binatang ternak, dan sumber daya manusia, kedua adalah potensi nonfisik berupa masyarakat dengan corak dan interaksinya, lembaga-lembaga sosial, lembaga usaha, lembaga pendidikan, dan organisasi sosial desa, serta aparatur dan pamong desa.

Dalam mengembangkan potensi di suatu desa tidaklah mudah, idealnya kita mengutamakan perencanaan yang matang dan tepat guna serta efektif dan juga efisien. Hal tersebut juga tidak lepas dari peran masyarakat dan pemerintah yang saling bahu-membahu dalam mengembangkan potensi desa. Secara umum tujuan dari adanya pengembangan potensi desa adalah untuk mendorong kemandirian masyarakat yang ada di desa tersebut melalui pemberdayaan masyarakat seperti halnya mengadakan pelatihan, inovasi alat baru, sosialisasi tentang cara pengolahan suatu produk dll. 

Dapat dikatakan bahwa untuk mencapai tingkat kesejahteraan masyarakat desa perlu mengolah potensi lokal yang dimiliki baik sumber daya manusia dan sumber daya alam. Potensi lokal berupa sumber daya manusia dalam pemberdayaan masyarakat sebagai subyek pembangunan yang mengetahui permasalahan masyarakat sendiri sedangkan sumber daya alam merupakan kekayaan dimanfaatkan untuk mengangkat kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat desa sendiri.

Pemberdayaan masyarakat sebagai bentuk mendayagunakan dan memampukan potensi yang dimiliki masyarakat desa memberikan nilai positif bagi kesejahterahan dan taraf hidup sosial ekonomi masyarakat. Sehingga dibutuhkan peran dari pemerintah daerah dan khususnya pemerintah desa untuk ikut memberikan suasana yang memungkinkan potensi yang dimiliki masyarakat dapat dibangun dan memberikan motivasi sehingga masyarakat dapat diberdayakan.

Pada bulan juli lalu tahun 2023 Desa Ibru Kecamatan Mestong Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi mendapatkan tamu kehormatan dengan adanya kunjungan kerja Tim kantor BRI Pusat diantaranya Bapak Niko handora, hendri sunarya dan ibu Anika kemudian turut hadir juga perwakilan dari kantor wilayah Ibu Ayudya Palupi dan Bapak Andriansyah serta hadir dari Kepala Kantor BRI Jambi dan Kepala Unit Tempino, kehadiran Bank BRI ke Desa Ibru daan BUMDesa Suka Makmur ini menjadi langkah awal dari adanya keterjalinan yang telah di bangun dengan baik oleh Mantri Bank BRI Unit Tempino Pak Surya Armanda selama ini di Desa Ibru Khususnya di BUMDesa Suka Makmur sampai dengan Desa Ibru melalui BUMDesa Suka Makmur dapat masuk dalam program New Desa Brilian tahun 2023.

Segala upaya telah di maksimalkan oleh BUMDesa Suka Makmur dan Pemerintah Desa Ibru dalam membangun desa memalui pemanfaatan pengembangan potensi dan kearifan lokal di Desa Ibru dengan segala potensi yang ada seperti pertanian dengan potensi tanaman biofarmakaanya seperti kunyit dan lainnya yang di olah menjadi banyak produk unggulan dan juga potensi alamnya seperti sumber mata air alam yang saat ini di kelola baik oleh BUMDesa menjadi sumber kehidupan masyarakat di Desa Ibru.

Dengan adanya kunjungan kerja Tim Bank BRI Pusat dan Kantor Wilayah di Desa Ibru yang memberi peluang pendampingan secara perbankkan, harapan kedepannya masyarakat Desa Ibru dapat terus menerima manfaat positif dari adanya kemitraan yang di bangun oleh Bank BRI bersama Pemerintah Desa Ibru dan BUMDesa Suka Makmur dalam upaya membangun peradaban dalam inovasi pembaharuan ekonomi menuju masyarakat sejahtera.

Oleh : Ir. M. Anggoro Kasih, S.P