BUMDESA SUKA MAKMUR PERKUAT POTENSI DESA MELALUI PROGRAM DESA BRILIAN

kerisjambi.id-
Desa merupakan salah tempat yang potensial bagi perekonomian suatu Negara, di sinilah banyak potensi yang bisa dikembangankan. Selain itu juga banyak sumberdaya alam dan manusia yang tersedia di dalamnya. Sebelum pemerintah menyadari hal tersebut desa-desa tidak bias berkembang dan tetap tertinggal. Namun ketika pemerintah menyadari akan potensi desa yang begitu besar mereka menerbitkan sebuah kebijakan yakni Otonomi Daerah maka banyak daerah yang memanfaatkan hal tersebut untuk mengembangkan wilayahnya terutama mengembangkan desa mereka. Salah satu aktivitas yang dilakukan adalah badan usaha milik desa (BUMDesa).
 
Salah satu BUMDesa di Provinsi Jambi Jambi yang telah diakui melalui badan hukum yaitu BUMDesa Suka Makmur, terletak strategis di jalan nasional Jambi Palembang Km. 38 Desa Ibru Kec. Mestong Kab. Muaro Jambi yang saat ini eksis dengan karya inovasi di berbagai bentuk usaha dan produk unggulan lokal dan mampu pada tahun 2021 meraih peringkat 5 (lima) BUMDesa terbaik pada ajang BUMDesa EXPO Provinsi Jambi dan pada tahun yang sama BUMDesa Suka Makmur bersama-sama dengan Pemerintah Desa Ibru yang bermitra dengan Perguruan Tinggi Universitas Jambi mendapat perigkat 1 (satu) Desa Terbaik Nasional dalam Program PHP2D MBKM yang di adakan oleh KEMENDIKBUDRISTEK RI, tidak cukup disitu pada tahun 2022 Desa Ibru juga mendapat peringkat 4 (empat) Desa terbaik pada program Lomba Desa Tingkat Kabupaten Muaro Jambi dari 150 Desa.

Prihal jenis usaha dan produk unggulan lokal seperti Pipanisasi air bersih, Produk Biofarmaka, Kosmetik, dan makanan ringan serta kerajinan tangan. BUMDesa Suka Makmur berpusat pada program pemberdayaan masyarakat yang menjadi tujuan utama program kepala desa (Datuk Arman) dimana cita-cita besar pemerintah desa adalah bahwa seluruh aktifitas BUMDesa diharapkan mampu menjadi tulang punggung bagi kemaslahan kesejahteraan masyarakat Desa Ibru dan meningkatkan Pendapat Asli Desa (PAD) khususnya dan umumnya desa di sekitarnya.

Pada dasarnya untuk memudahkan tercapainya keberhasilan dalam menjalankan usaha dan pengembangan produk unggulan lokal melalui pemberdayaan masyarakat di atas maka BUMDesa Suka Makmur melakukan trobosan kegiatan melalui program kemitraan selain kemitraan dibangun oleh lembaga pendidikan, perusahaan dan instansi pemerintahan. BUMDesa Suka Makmur juga membangun kemitraan dengan pihak Perbankan yaitu Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang ada di lingkungan terdekat Desa Ibru yaitu Bank BRI Unit Tempino, dimana hampir 100% dari total 270 jumlah Kepala Keluarga (KK) di Desa Ibru telah menggunakan serta memiliki jasa dan produk dari Bank BRI “M. Surya Armanda”.

Tahun 2023, melalui Kepala unit Bank BRI Tempino (Ibu Endang Susanti) juga telah mendaftarkan BUMDesa Suka Makmur untuk mengikuti kegiatan akbar nasional program Desa Berilian yang di ikuti ratusan desa di seluruh indonesia dan alhamdulilah BUMDesa Suka Makmur masuk dalam 400 Desa yang dapat mengikuti pelatihan untuk penjaringan ke tahap 40 besar, beliau juga berharap Desa Ibru dengan berbagai pengalaman, inovasi produk, jenis usaha dan antusias semua pihak terkait yang telah mensuport BUMDesa Suka Makmur untuk dapat masuk Menjadi 5 besar desa terbaik nasional dalam memperoleh hasil maksimal pada program desa brilian tahun 2023 dan yang paling utama adalah manfaat untuk kesejahteraan umat dan bangsa.

Dilansir dari rilis dari BRI, program Desa Brilian memiliki tujuan untuk meningkatkan kapabilitas pengelolaan desa untuk kemajuan desa tersebut. Dengan adanya program ini, diharapkan desa yang ikut serta dapat mengoptimalkan seluruh potensi yang ada, salah satunya pemanfaatan teknologi digital dalam berbagai aspek.

Oleh : Ir. Anggoro Kasih, S.P.,IPP