Puluhan Hektare Lahan Kelapa Sawit Milik PT TI Rusak Akibat Aktivitas PETI

Dokumentasi Kerisjambi.id (Istimewa)

Kerisjambi.id-TEBO- Puluhan Hektare lahan PT Tebo Indah (TI) rusak akibat adanya aktivitas Penambang Emas Tanpa Izin (PETI).hal ini diakui Antoni Lendra Humas PT TI, aktivitas Peti ini sudah dilakukan sejak lama oleh masyarakat sekitar yang berada diwilayah PT Tebo Indah Rabu (29/3/2023).

Data dari perusahaan, ada sekitar 80 hektare lahan PT TI yang rusak akibat PETI ini. bahkan pihak perusahaan sudah berupaya dan berkoordinasi, dengan pihak Kepolisian Polres Tebo,TNI, dan Pemerintah Kabupaten Tebo untuk mensosialisasikan kepada warga sekitar agar sadar dan tidak melakukan pekerjaan ilegal itu, namun hal tersebut terus kembali dilakukan para penambang.

Antoni menyebutkan, hal ini tentunya tidak bisa dibiarkan oleh pihak perusahaan dan merugikan perusahaan, dengan adanya PETI merusak dan mencemari lingkungan sekitar.

"Lahan yang dulunya tumbuh subur hijau, namun saat ini bagaikan sungai batanghari yang membentang luas diwilayah perusahaan," Ungkapnya.

Antoni menjelaskan, ada beberapa tempat yang menjadi tempat warga melakukan penambang ilegal diantaranya diblok A23,A24,B25 Afdeling A21 Desa Mangun Jayo dan Desa Aburan.

"Kami hitung ada sekitar 5 tahun, sekelompok masyarakat ini melakukan pekerjaan ilegal, wilayah PT TI" Katanya.

Dari awal pihak nya sudah melakukan sosialisasi, himbauan serta razia, namun tidak membuahkan hasil, penambang kembali melakukan pekerjaannya.

"Mereka main kucing-kucingan dengan kami, sekali ini kami betul-betul memelihara kebun kami, dan kami tidak akan membiarkan lahan kami dirusak," ungkapnya.

kali ini Rabu (29/3/2023) pihaknya bersama kepolisian melakukan sosialisasi kelokasi namun para penambang kabur ketakutan dan alat-alatnya tinggal dilokasi.

Dirinya juga berharap kepada pemerintah Kabupaten Tebo untuk selalu membackup pihak perusahaan dan melakukan pendekatan kepada masyarakat agar warga tidak melakukan penambang ilegal PETI di wilayah perusahaan.

Penulis : Sobirin
Tags