Penutupan Abdi Bahasa, Ikadubas dan Kantor Bahasa Provinsi Jambi Gelar Tes UKBI

 


Kerisjambi.id-Pelaksanaan kegiatan Abdi bahasa Ikadubas Jambi dengan tajuk "Kampanye Berbahasa Santun di Media Sosial" telah memasuki hari terakhir pada Kamis, (23-02-23). Kegiatan yang bertempat di Aula Masinding Kantor Bahasa Provinsi Jambi ini ditutup dengan kegiatan Ujian Kemahiran Bahasa Indonesia (UKBI). 

Berdasarkan pengamatan jurnalis Kerisjambi.id, sebanyak 30 peserta yang terdiri atas mahasiswa beberapa kampus di Provinsi Jambi ikut serta dalam tes tersebut. 

Turino Adi Irawan selaku ketua Ikatan Duta Bahasa Provinsi Jambi (Ikadubas) mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan ajang untuk mengukur potensi kebahasaan para generasi muda Jambi. 

"Ini ajang untuk mengukur potensi kebahasaan generasi muda Jambi. Semoga hasilnya sesuai dengan harapan,” ujarnya kepada jurnalis Kerisjambi.id.

Hal senada juga disampaikan oleh salah satu peserta dari Institut Agama Islam Nusantara Batang Hari, Mochammad Zidhane Saputra. Menurutnya, tes UKBI merupakan ajang untuk mengukur keterampilan berbahasa. 

"Kegiatan ini sangat menarik karena kita bisa mengukur kemampuan berbahasa kita,” tambahnya. 

Sementara itu, koordinator KKLP UKBI Kantor Bahasa Provinsi Jambi, Elva Yusanti, menuturkan bahwa betapa pentingnya generasi muda untuk mengukur kemahiran berbahasa Indonesia. 

"UKBI menjadi salah satu indikator mahirnya seseorang dalam berbahasa Indonesia. Sebagai Abdi Bahasa, generasi muda dituntut untuk mahir berbahasa Indonesia. Oleh karena itu, tes UKBI menjadi alat ukur yang tepat dalam melihat potensi kebahasaan generasi muda kita,” tutupnya. 

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama serta ramah tamah antarpeserta dan panitia. (HAP)