Giatkan Literasi di Provinsi Jambi; Forum TBM Kabupaten Kerinci Resmi di Bentuk

 

Kerisjambi.id | Pengurus Daerah FTBM Kabupaten Kerinci-Geliat literasi di Provinsi Jambi kian menjadi. Pegiat literasi Kerinci yang terdiri dari tujuh komunitas yang memiliki TBM atau rumah baca, sepakat untuk melakukan musyawarah daerah (Musda) perdana pada 17 Desember 2022 lalu, Pada musda pertama ini, hasil musyawarah menetapkan Yoni Elviandri dari TBM Lentera Muda Kerinci sebagai ketua perdana Forum TBM Kabupaten Kerinci periode 2022-2027.

Zarifa Olivia selaku ketua pelaksana mengatakan bahwa “Pembentukan Forum TBM di Kabupaten Kerinci ini menjadi penting untuk memperkuat gerakan literasi di Kerinci, hadirnya rumah baca/TBM di berbagai daerah di Kerinci menjadi bukti bahwa walaupun secara geografis Kerinci jauh dari perkotaan namun semangat literasi tidak kalah dengan kabupaten/kota lain di Provinsi Jambi” ungkapnya.

Forum Taman Baca Masyarakat Kabupaten Kerinci (FTBM Kerinci) adalah FTBM daerah pertama di Provinsi Jambi yang secara resmi dikukuhkan oleh Ketua Umum FTBM Provinsi Jambi Setiadi, pada 21 Januari 2023. Pengukuhan dilakukan secara Hybrid yang dilaksanakan di Sekretariat FTBM Kerinci di Kecamatan Air Hangat Timur, Kabupaten Kerinci dan secara daring melalui Zoom apps. Meskipun dilakukan secara hybrid namun tidak menyurutkan semangat pengurus daerah untuk mensukseskan acara ini.

Pengukuhan pengurus daerah FTBM Kerinci dihadiri oleh pengurus daerah terpilih dari tujuh TBM di berbagai wilayah Kabupaten Kerinci, dewan penasehat Pak Muhammad Ihsan, dan Hafiful Hadi, pengurus TBM di Provinsi Jambi, serta turut hadir Kang Opik selaku ketua umum Forum Taman Baca Masyarakat dari Pengurus Pusat. 

Yoni, selaku ketua terpilih, dalam sambutannya Mengatakan “Amanah ini, semoga dapat dipertanggungjawabkan dengan baik, karena pegiat literasi hadir bukan karena ingin diapresiasi, pun tidak pergi karena tidak dipuji. FTBM Kerinci adalah wadah untuk tumbuh bersama dan semoga membuat kebermanfaatan bagi kampung halaman, Kerinci” pungkasnya.

Dalam kesempatan ini juga hadir berbagai perwakilan komunitas, ikatan mahasiswa maupun organisasi di Kerinci untuk lebih mengeratkan kolaborasi dan cita-cita tinggi semangat membangun negeri.

Oleh : Olin Aulia Yunia*