Kenduri Sko di Empat Desa Koto Majidin Kecamatan Air Hangat Kabupaten Kerinci, menjadi tradisi dan dilaksanakan 4 Tahun sekali.

 



Oleh: Fazera Puspita Sari

Pada acara Kenduri Sko Empat desa Koto Majidin kegiatannya adalah kegiatan Kenduri Sko ini merupakan acara sakral suku Kerinci, yang mana kegiatan ini mengungkapkan rasa syukur anak betino anak jantan terharap hasil panen yang melimpah serta menjalin silaturahmi antar masyarat desa Koto Majidin Dari mulai memotong kerbau untuk pesta, menurunan pusaka dari tempat penyimpanannya sekaligus membersihkannya dan Balemang. Balemang (memasak Lemang) dalam Kenduri Sko Lemang adalah makanan wajib yang harus disediakan, Lemang yang berbahan beras ketan, santan dan buluh bambu.

H-7 dikibarkan bendera Karamentang sebagai panji / bendera pusaka kebesaran adat Kerinci untuk menandai bahwa di tempat tersebut melaksanakan Festival Kenduri Sko. arti berkibarya bendera Karamentang Tando Baralek Gadang ( tanda acara besar ) Yang Dekat di Himbau ( yang dekat di himbau ) Ngan Juauh di Panggei ( yang jauh di panggil ). selain sebagai penanda, juga merupakan undangan resmi dari wilayah adat Kenduri Sko.

Pengukuhan dan pemberian gelar adat kehormatan yang diberi oleh lembaga kerapatan adat desa Koto Majidin. Sampai pada acara puncak silaturahmi makan bersama dan doa keselamatan untuk warga dan nenek moyang terdahulu.

Dalam kenduri sko yang dilaksanakan 4 Tahun sekali, menariknya saat penyelenggaraan terjadi ada tradisi menampilkan pencak silat khas yang dimiliki warga setempat. Bukan hanya pencak silat, tari masal, seruling bambu, sikei rabana, pelantikan mahasiswa serta acara adat lainnya.