Mengawal Proses Pemilu, Peran Aktif Masyarakat dan Tanggung Jawab Penyelenggara

 

Oleh : M. ikhsan
Ketua Umum HMI Cabang Tanjung Jabung Barat


KerisJambi.id - Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 telah sukses dilaksanakan dengan aman, lancar, dan damai. Komisi Pemilihan Umum (KPU) memegang tanggung jawab besar dalam menjaga kepercayaan masyarakat terhadap suara mereka yang diwujudkan melalui bilik suara, memilih para wakil yang dianggap mampu memperjuangkan hak-hak mereka ke depan.

Dalam menjalankan tanggung jawabnya, KPU harus menjaga netralitasnya dan tidak takut terhadap tekanan dari berbagai pihak. Karena ada beban moral yang lebih besar, yaitu menjaga suara-suara rakyat yang dengan segala keterbatasannya datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menyalurkan aspirasinya.

KPU adalah lembaga yang suci, dan tidak boleh dibiarkan diintervensi oleh oknum-oknum tertentu yang dapat mengganggu kepercayaan masyarakat terhadap lembaga ini.

Bayangkanlah antusiasme masyarakat yang datang ke TPS dengan penuh harapan, berharap bahwa melalui pemilu ini, taraf hidup mereka akan meningkat. Jika amanah ini tidak dijaga dengan baik oleh oknum-oknum dalam KPU, apakah istilah yang layak selain pengkhianat atau bahkan zalim?

Merujuk kepada peraturan bersama tentang kode etik penyelenggara pemilu, penyelenggara harus memegang teguh sumpah/janji jabatan mereka sebagai penyelenggara pemilu. Mereka tidak boleh tunduk kepada pihak-pihak tertentu.

Untuk Peserta Pemilu:

Saudara-saudara sudah melakukan segala upaya untuk memikat para pemilih. Sekarang, saatnya menunggu hasil rekapitulasi dari KPU. Awasi dan kawal setiap tahapannya, namun yang terpenting adalah menahan diri agar tidak mengganggu jalannya setiap tahapan.

Bagi yang merasa menjadi pemenang, jangan jumawa karena tahapan belum final. Demikian juga bagi yang merasa bukan pemenang, jangan berkecil hati. Yang terpenting, sebagai peserta pemilu, berikan contoh sebagai seorang negarawan sejati yang siap menerima segala konsekuensi dalam kontestasi.

Untuk Para Pemilih:

Selamat, Anda adalah pemenang. Anda adalah penentu masa depan bangsa. Yang terpenting adalah tetap menjaga kedaulatan rakyat. Pastikan setiap pilihan Anda di bilik suara dijaga dengan baik dan dipertanggungjawabkan oleh penyelenggara pemilu.

Berikan kesempatan kepada penyelenggara pemilu untuk bekerja sesuai dengan janji mereka. Tetaplah cerdas dan kritis dalam menerima informasi agar tidak terpengaruh oleh berita palsu.