KI Hadir di HUT Provisi Jambi Ke- 67, KI Minta OPD Tingkatkan Layanan Informasi Publik

kerisjambi.id - Ketua Komisi Informasi Provinsi Jambi Ahmad Taufiq Helmi didampingi Almunawar, dan Zamharir menghadiri undangan Paripurna DPRD Prov.Jambi dalam rangka HUT Provinsi Jambi ke-67 yang digelar di Ruangan paripurna DPRD pada Sabtu pagi (06/01).

Ahmad Taufiq Helmi menyampaikan yang pertama Komisi Informasi Provinsi Jambi mengucapkan Selamat Dirgahayu Provinsi Jambi ke 67 moga kedepan semakin Melaju, Maju dan Mantap.

Kedua Komisi Informasi Jambi juga mengapresiasi atas capaian-capaian program Jambi Mantap, seperti pembangunan Stadion Bola di Pijoan, Islamic Center di kawasan lokasi MTQ, Internet Masuk Desa, dan program DUMISAKE lainnya serta banyak sekali penghargaan yang diterima disepanjang 2023. 

Dari sektor Keterbukaan Informasi Publik ( IKIP) Pemrov Jambi telah mulai membaik dari hasil IKIP sebelumnya nilainya naik 3 poin dari tahun 2022 meskipun masih berada pada posisi kategori Posisi SEDANG. Sedangkan hasil monitoring & evaluasi ( Monev ) yang dilaksanakan oleh Komisi Informasi Pusat RI, Pemrov Jambi hanya berada pada kategori CUKUP INFORMATIF , masih ada 2 kategori diatasnya yaitu menuju informatif dan informatif, hal ini juga sejalan dengan hasil monev KI Jambi pada tahun 2023 kepada Badan Publik ( OPD ) Provinsi Jambi yang hanya ada 3 OPD yang memperoleh Predikat Informatif yakni Dinas Sosdukcapil,Dinas Kominfo dan Dinas Pendidikan, 3 lainnya cukup informatif ( Dinas LH,Satpol PP dan RS.Jiwa ) Sisanya 29 OPD Provinsi Jambi kurang informatif.

Hal hal ini tentu akan menjadi catatan khusus bagi Pemrov untuk meminta komitmen kepada semua kepala OPD untuk dapat mendukung program-program keterbukaan informasi dan adanya perbaikan di sektor pelayanan informasi publik Serta Pemenuhan Pemenuhan kebutuhan hak atas informasi sebagai bagian pilar demokrasi mengawal pembangunan Jambi MANTAP.

Alhamdulilah Bapak Gubernur cukup merespon terkait pencapaian hasil nilai IKIP dan Monev keterbukaan informasi publik di Jambi , hal ini ditandai dengan adanya kegiatan penandatangan komitmen bersama menyukseskan satu data Jambi & Keterbukaan Informasi Publik bagi seluruh OPD di lingkungan Pemrov Jambi yang digelar pada tanggal 27 Desember 2023. Sekarang tinggal OPDnya lagi apakah serius menjalankan komitmen ini atau hanya sebatas seromonial saja, jawabannya kita hasil monev KI tahun 2024, berapa OPD yang informatif.