Latih 4000 Aparatur Pemerintah Desa di Jambi,TA P3PD Jambi Kunjungi KI

 

Kerisjambi.id - Ketua Komisi Informasi Provinsi Jambi Ahmad Taufiq Helmi Pada Rabu Pagi (13/12) Menerima Kunjungan Welty Puspita Sari dari Tenaga Ahli Compliants Handling Specialist

Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementrian Dalam Negeri.

 Welty menjelaskan terkait tujuan dari kunjungan ini sebagai silaturahmi dan koordinasi terkait keberadaan kelembagaan dan Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa ( P3PD), selain ke Komisi Informasi kami juga telah melakukan koordinasi dengan stakholder yang lainnya seperti Kadis Pemberdayaan Desa dan Dinas Kominfo. Salah satu program yang kami dilaksanakan pada tahun 2023 ini yakni melakukan pelatihan bagi terhadap 4000 Aparatur Pemerintah Desa di 9 Kabupaten, 124 Kecamatan 1334 Desa dalam Provinsi Jambi.

Ahmad Taufiq Helmi mengapresiasi kunjungan ini, Komisi Informasi juga memiliki Peraturan tersendiri terkait Desa yakni Peraturan Komisi Informasi ( Perki) Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Standar Layanan Informasi Publik Desa, tentu harapan kami antara P3PD dang KI bisa bersinergi dalam melakukan penguatan keterbukaan informasi di tingkat desa. Penguatan terhadap SDM pemerintahan desa hari ini sangat diperlukan terutama dalam peningkatan kapasitas aparatur desa, termasuk pengelolaan keuangannya harus berkualitas dan transparan dan akutabel sehingga dapat menimalisir sengketa informasi para Kepala Desa ke Komisi Informasi.