FKMJ cabang Jambi Gelar Focus Group Disscusion Paguyuban Se-provinsi Jambi


Kerisjambi.id-
Forum Komunikasi Mahasiswa Jambi gelar Focus Group Discussion paguyuban se-provinsi Jambi dengan tema “Peran dan Fungsi Oraganisasi Peguyuban Terhadap Pembangunan Daerah”, jum’at 06 Oktober 2023 di cafe AM (anak mama) mendalo mas. 

Kegiatan Focus Group Discussion ini dihadiri oleh Ketua Umum dan delegasi dari setiap paguyuban yang ada di provinsi Jambi (Himpunan Mahasiswa Pelajar Merangin/HMPM, Ikatan Mahasiswa Kerinci Sungai Penuh/IMKS, Himpunan Mahasiswa Bungo/HMB, Himpunan Mahasiswa Kota Jambi/HIMAKOJA, Himpunan Mahasiswa Muratara/HIMATARA, Himpunan Mahasiswa Sarolangun/HIMSAR, Himpunan Mahasiswa Tebo/HIMASTE, Ikatan Mahasiswa Muaro Jambi/IMMJ, Ikatan Mahasiswa Sungai Gelam/IMSG, Ikatan Mahasiswa Tanjab Barat/IMTAJBAR, Ikatan Keluarga Mahasiswa Minangkabau/IKMM). 

Kegiatan tersebut dipandu oleh saudara Saleh sebagai Moderator dan dilanjutkan Selayang Pandang FKMJ oleh Fil Azhari Alfath selaku Formatur FKMJ cabang Jambi, beliau menyampaikan bahwa FKMJ adalah Forum Komunikasi Mahasiswa Jambi yang didirikan di Pasar Festival, Kuningan Jakarta, pada tanggal 1 Juli 2012. 

“Hadirnya FKMJ disini bukan sebagai kepala dari paguyuban yg sudah ada di provinsi Jambi, dan juga bukan sebagai pesaing peguyuban lain. Hadirnya FKMJ cabang Jambi ini sebagai partner atau tempat bertukar pikiran ide dan gagasan serta pergerakan organisasi paguyuban yang ada di provinsi jambi.” Ucap Fil Azhari Alfath Formatur FKMJ cabang Jambi.

Focus Group Discussion ini dimulai oleh saudara Bambang sulaiman sebagai pemantik dari kader FKMJ, beliau memantik diskusi ini dengan dibagi menjadi 2 bab. Bab yang pertama tentang pengertian mahasiswa serta fungsi dan peran mahasiswa, bab yang kedua yaitu tentang pengertian, sifat dan peran organisasi paguyuban terhadap pembangunan daerah. Pemantik berhasil memantik diskusi ini dengan hangat, terarah dan sistematis sehingga peserta yang mengikuti menjadi sangat antusias untuk memberikan pandangannya terkait dengan pemaparan yang sudah disampaikan pemantik.

Berbagai dinamika tercipta dari jalannya kegiatan diskusi ini, dan semakin menarik dengan adanya saling lempar argumen serta gagasan antar masing - masing delegasi dari setiap Paguyuban. Dari berbagai argumen dan gagasan yang telah disampaikan oleh Ketua Umum dan delegasi yang hadir dapatlah kesimpulan sebagai berikut:

1. Adanya wadah silaturahmi paguyuban se-provinsi Jambi yang difasilitasi oleh FKMJ.

2. Setiap paguyuban yang ada di provinsi jambi sepakat untuk saling support dan membantu untuk kebaikan, memajukan daerah khususnya provinsi jambi.

3. Akan adanya konsilidasi terkait dengan aksi solidaritas yang telah dilaksanakan oleh Ikatan Keluarga Mahasiswa Minangkabau Jambi, terkait dengan anggotanya yang menjadi korban kecelakaan lalu lintas di mendalo.

4. Organisasi Paguyuban se-provinsi Jambi solid untuk provinsi Jambi yang lebih baik.

Kegiatan FGD tersebut berjalan dengan lancar dan khidmat, diakhiri dengan closing statement dari setiap ketua umum paguyuban dan delegasi yang hadir. Dan dilanjuti dengan foto bersama.