Kebakaran Dilahan Konsesi PT ABT Capai Ratusan Hektare

Dokumentasi Kerisjambi.id

Kerisjambi.id-TEBO- Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), di Konsesi PT Alam Bukit Tigapuluh (ABT), hingga kini belum bisa dipadamkan oleh Satuan Tugas (Satgas) Karhutla Kabupaten Tebo.

Kepala Pelaksana  (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nafri Junaidi, mengatakan, hingga saat ini Satgas Karhutla Kabupaten Tebo masih berjibaku memadamkan api. 

"Kita dilapangan menemukan lahan yang sudah di tanam dan sedang dilakukan pembukaan yang terbakar," katanya, Rabu (20/09/2023).

Dijelaskannya, sejak pekan lalu Satgas Karhutla Kabupaten Tebo terus melakukan pemadaman. Dilapangan mulai dari TNI, Polri, BPBD, Manggala Agni dan Pemadaman Kebakaran dibantu Masyarakat.

Kata dia, dilokasi kebakaran ditemui lahan yang sudah ditanami sawit dan proses pembukaan lahan. Hal itu ditemukan di wilayah yang menjadi konsesi PT ABT. 

"Sepekan lebih kita berjibaku dengan pemadaman api, dan ini menjadi puncak terjadinya Karhutla di Kabupaten Tebo," ungkapnya. 

Saat ini, kata Nafri, luas lahan di Konsesi PT ABT, yang terbakar capai ratusan hektare lahan. Dan Satgas terus melakukan pemadaman. Kemudian, posko di Desa Pemayungan standby. 

"Luas lahan yang sudah terbakar capai 100 hektare lahan dari 252 titik api. Dari 100 lahan itu, berada di wilayah konsesi PT ABT," ungkapnya. 

Redaksi
Tags