Rektor UM Jambi Diserang, Ortom Muhammadiyah Jambi Pasang Badan

 

Kerisjambi.id - Beredar isu Hendra Kurniawan, Rektor terpilih Universitas Muhammadiyah (UM) Jambi periode 2023-2027 gunakan gelar akademik dan ijazah palsu untuk mencalonkan diri sebagai Rektor, Minggu (16/7).

Mendengar isu tersebut, pimpinan organisasi otonom Muhammadiyah tingkat wilayah Provinsi Jambi tak mau tinggal diam.

Nurman Sahdi, Ketua Umum Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Provinsi Jambi mengatakan diduga ada pihak yang tidak senang dengan terpilihnya Hendra Kurniawan sebagai Rektor UM Jambi.

“Ini seolah-olah seperti mencari-cari kesalahan. Setahu saya, mencuatnya isu ini dikarenakan adanya kesalahan teknis pengetikan nama Rektor sehingga lupa memasukan keterangan gelar Doktor pak Hendra Kurniawan yang masih berstatus candidat,” ucapnya.

Dinamika pemilihan Rektor UM Jambi beberapa waktu yang lalu seakan-akan masih berlanjut hingga hari ini, Nurman Sahdi meminta semua pihak untuk tidak terpancing dengan isu-isu yang terkesan didasari oleh sentimen.

“Jika ini merupakan gerakan perlawanan yang didasari karena ketidak senangan terhadap terpilihnya pak Hendra Kurniawan sebagai rektor UM Jambi, maka kami meminta agar oknum-oknum yang terlibat dalam gerakan ini hendaknya bisa legowo atau berlapang dada, negara kita negara hukum, taati keputusan yang berlaku,” ujarnya.

Sementara, Adyan Coga Guci, Sekretaris Umum Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jambi saat dikonfirmasi membenarkan adanya kesalahan pengetikan gelar Hendra Kurniawan.

“Kami sudah menghubungi saudara Hendra Kurniawan dan mendapatkan informasi bawah atas kesalahan penulisan tersebut yang bersangkutan sudah mengklarifikasi secara resmi kepada pihak-pihak terkait, termasuk juga kepada LLDikti Wilayah X,” ucapnya.

Sebuah perubahan besar UM Jambi yang lebih progresif kedepannya dipercayakan oleh warga persyarikatan Muhammadiyah Jambi dibawah kepemimpinan Hendra Kurniawan selaku Rektor terpilih yang akan segera dilantik ini.

“Yang bersangkutan sejak sekolah dulu merupakan kader Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) dan saat ini menjadi bagian dari keluarga besar Pemuda Muhammadiyah, maka kami yakin tidak lah mungkin seorang Hendra Kurniawan punya niat menghancurkan rumahnya sendiri,” tegas Adyan.

Diketahui, pelantikan Hendra Kurniawan sebagai Rektor UM Jambi periode 2023-2027 ini akan dilaksanakan pada, Senin (17/7/23) besok.

“Kami mengajak seluruh warga persyarikatan Muhammadiyah Jambi, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tidak lupa satuan alumni untuk sama-sama hadir mensukseskan kegiatan yang dimaksud, dalam rangka menjalin silaturahim dan dalam menyambut perubahan di kampus UM Jambi kedepan,” pungkasnya.