Kedelapan Kalinya Pemkab Tebo Kembali Meraih Predikat WTP

Pj Bupati Tebo Aspan ST Saat Menerima WTP

Kerisjambi.id-TEBO -Pemerintah Kabupaten Tebo kembali meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Tebo (LKPD) Tahun 2022.

Predikat diserahkan langsung oleh 
Kepala Subauditorat Jambi I BPK 
Perwakilan Provinsi Jambi, Nur Miftahul Lail, S.E., Ak., CA, ERMAP kepada Ketua DPRD Kabupaten Tebo, Mazlan, S.Kom., M.E. dan Pj. Bupati Tebo, H. Aspan, S.T. di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jambi, Selasa (16/5/2023) kemarin.

Opini WTP untuk pengelolaan keuangan tahun 2022 ini merupakan yang kedelapan kalinya secara beruntun setelah pada tahun sebelumnya yakni 2015, 2016, 2017, 2018, 2019, 2020, dan 2021 juga mendapatkan Opini WTP dari BPK RI.

Dalam sambutannya, Kepala Subauditorat Jambi I BPK 
Perwakilan Provinsi Jambi, Nur Miftahul Lail, S.E., Ak., CA, ERMAP menyampaikan bahwa pemeriksaan atas LKPD merupakan bagian dari tugas konstitusional BPK. Pemeriksaan atas Laporan Keuangan dilakukan dengan tujuan untuk memberikan opini
(pernyataan pendapat) atas kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan 
keuangan. 

"Berdasarkan Hasil Pemeriksaan atas LKPD TA 2022, BPK memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kepada Pemerintah Kabupaten Tebo," Ujarnya.

Sementara itu Ketua DPRD Tebo, Mazlan, S.Kom, ME mengatakan bahwa WTP kali ini merupakan hasil koordinasi yang baik antara DPRD Tebo dan Pemkab Tebo. Untuk itu, dirinya mengucapkan sukur atas raihan ini,

"Hari ini kita telah melakukan serah terima pemerikasaan LHP Tahun 2022, Alhamdulillah Pemkab Tebo mendapat opini wajar tanpa pengecualian, hal ini tentunya hasil dari koordinasi antara DPRD Tebo dan Pemkab Tebo serta BPK," kata Mazlan.

Begitu juga yang disampaikan Pj Bupati Tebo, H. Aspan, ST. Mewakili Pemkab Tebo, dirinya mengucapkan sukur atas raihan WTP yang diberikan oleh BPK RI kepada Pemkab Tebo. Untuk itu, beberapa temuan akan dijadikan motivasi untuk segera diselesaikan sehingga Pemkab Tebo bisa menjadi yang terbaik seProvinsi Jambi nantinya.

"Alhamdulillah, Pemkab Tebo Tahun ini, kita mendapatkan WTP kembali. Terkait rekomendasi BPK, tentu akan kita tindak lanjuti dan ini juga memotivasi dalam menyelesaikannya nanti" tuntas Aspan.

Turut hadir dalam acara penyerahan tersebut PJ Bupati Tebo, H. Mazlan, ST, Ketua DPRD Tebo, Mazlan, S.Kom, ME, PJ Bupati Tebo,  Sekda Tebo, Teguh Arhadi, dan Kepala Bakeuda Tebo, Nazar Efendy, sejumlah OPD serta Pejabat Struktural dan Fungsional BPK Jambi.

Redaksi