170 Orang Siswa-Siswi Ikuti Seleksi Paskibraka Tingkat Kabupaten

Siswa-Siswi Yang Mengikuti Seleksi (Dokumentasi Kerisjambi.id)

Kerisjambi.id-TEBO- Pemkab Tebo Gelar seleksi terbuka pasukan pengibar duplikat bendera pusaka (Paskibraka) tingkat kabupaten di aula utama perkantoran Bupati Tebo Rabu (03/05/2023).

Sebelumnya pemkab Tebo sudah melakukan tahapan awal seleksi di sekolah-sekolah dan tingkat kecamatan dan yang lolos ke Tahap kabupaten sebanyak 170 orang siswa siswi.

Pj bupati Tebo Aspan usai membuka acara mengatakan dari 170 orang diseleksi ada 30 orang yang bakal mewakili kabupaten Tebo untuk mengibarkan bendera pusaka pada 17 agustus nanti di kabupaten dan 6 orang akan diutus untuk ke Provinsi Jambi.

Selain itu kata Aspan akan ada utusan yang bakal mengikuti seleksi ke tingkat Provinsi dan diharapkan dari Kabupaten Tebo ada yang mewakili ke tingkat Nasional.

"Ini yang kita harapkan kepada panitia seleksi betul-betul selekstif sehingga mereka yang terpilih ini dapat membawa nama baik kabupaten Tebo baik di tingkat Provinsi hingga Nasional," ucap nya.

Sementara itu Kakan Kesbangpol kabupaten Tebo Sugiyarto mengatakan, sebelumya seleksi Paskibraka ini dikelola oleh Disporapar dan saat ini dialihkan ke Kesbangpol.

"Sesuai peraturan perpres tahun 2022 Paskibraka dialihkan ke Kesbangpol," kata Kakan.

Seleksi ditingkat bawah sudah dilakukan pada akhir Februari hingga awal maret, saat ini untuk materi tes ada 6 yang pertama fisik, wawasan kebangsaan, itelgensi umum.

"Untuk wawasan kebangsaan dan intelegensi umum melalui online/CAT jadi tidak ada yang bisa interpensi," Katanya.

Sedangkan untuk fisik ada kesemaptaan dan baris-berbaris dan yan terakhir nantinya tahap wawancara kepribadian yang diseleksi oleh tim akademisi yang ada di kabupaten Tebo.

"Untuk timsel hari ini ada TNI-Polri dan purna paskibra Kabupaten Tebo, serta kesbangpol sendiri," Pungkasnya.

Penulis : Sobirin