PJ Bupati Tebo Aspan Cek Kondisi Rumah Warga Rusak Akibat Diterjang Banjir

Aspan Saat Melihat Kondisi Rumah Roboh Pasca Diterjang Banjir

Kerisjambi.id-TEBO- Pasca banjir yang melanda Desa Kunangan Kecamatan Tebo Ilir, Dan Desa Lubuk Mandarsah Kecamatan Tengah Ilir, Pj Bupati Tebo Aspan bersama OPD terkait, Camat, Polsek, Koramil, Kades dan perangkat Desa setempat melakukan pengecekan sejumlah fasilitas umum dan rumah warga yang ambruk diterjang banjir, Rabu (26/4/2023).

Pengecekan yang dilakukan oleh Pj Bupati Aspan di Desa Kunangan Kec Tebo Ilir, setidaknya pagar beton masjid Nurul Falah rubuh, satu rumah ambruk rata dengan tanah dan satu jembatan terbuat dari kayu terputus, beberapa tembok rumah jebol di terjang banjir. Sedangkan dari 29 rumah yang ada di dusun Pegambiran desa Kunangan, satu rumah papan rubuh.

Total keseluruhan kerusakan rumah di Desa Kunangan terdiri rusak berat dan ringan ada 10 unit sementara kondisi rumah rubuh 4 unit. 

Pj Bupati Tebo Aspan, menegaskan, berbagai upaya oleh Pemda dibantu TNI-Polri, BPBD, masyarakat dan pihak yang terlibat lainnya. 

"Hari ini kita memastikan mengecek data korban dan sarana yang rusak serta kembali melakukan menyalurkan bantuan," ucap Aspan.

Ditegaskan Aspan, malam ini semua korban banjir sudah mendapatkan bantuan termasuk di Desa Lubuk Mandarsah Ulu saat ini sedang dalam perjalanan.

Bantuan yang sudah diserahkan lanjut Aspan, berupa sembako, obat-obatan yang bersumber dari pengusaha perusahaan, PT PLN, BPBD dan Dinsos Prov, Gubernur dan Pemkab Tebo dan  cadangan beras DTPHKP Tebo.

"Bantuan beras yang sudah disalurkan tidak kurang dari 5 ton, termasuk dari Dandim Bute ," kata Aspan.

Terkait dengan kerusakan rumah-rumah warga  pasca banjir, Aspan menjelaskan, untuk saat ini yang jelas kita ambil datanya dulu tentu nanti akan dipikirkan bantuan tersebut melalui program bedah rumah yang ada pada Pemda atau program lainnya.

"Setelah data ini kita dapati nanti malam akan rapat terpadu untuk menyampaikan laporan lengkap ke Pemprov Jambi dan Pemerintah Pusat dan berharap dana DSP pusat bisa segera turun," ucapnya meyakini. 

Penulis : Sobirin