Aspan Audiensi Ke Dishut Provinsi Jambi Terkait Persoalan Kehutanan

Dokumentasi Kerisjambi.id (Istimewa)

Kerisjambi.id-JAMBI - Pj. Bupati Tebo H. Aspan, ST berkunjung ke Dinas Kehutanan Provinsi Jambi bersama Kepala OPD terkait, Camat dan Kepala Desa terkait guna beraudiensi dan diskusi untuk membahas permasalahan kehutanan di dalam Pemerintah Kabupaten Tebo Senin (13/3/2023).

Diawali dengan sambutanya Pj. Bupati Tebo Aspan berterimakasih atas kesediaan pihak Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jambi Akhmad Bestari, SH, MH dalam menyambut kunjungan Pj. Bupati beserta rombongan.

Beberapa hal yang disampaikan oleh Pj. Bupati yakni permasalahan Konflik antara masyarakat dengan Satwa liar (gajah), "selain itu permasalahan kebutuhan fasilitas umum yang berada dalam kawasan dan pengajuan tanah kas desa kepada pihak perusahaan," ucap Aspan.

Kadis Kehutanan Provinsi Jambi menjelaskan untuk permasalahan konflik dengan satwa liar ini sudah dilakukan beberapa upaya salah satunya dengan pemasangan GPS Solar untuk memudah dalam memantau lokasi dan populasi gajah.

"Terkait kebutuhan fasilitas umum saat ini sudah ada regulasi yang mengaturnya. Salah satu skema yang bisa digunakan adalah kemitraan sosial atau pelepasan lahan," Kata Kepala dinas Kehutanan Provinsi Jambi.

Namun untuk pelepasan lahan ia mengatakan juga harus dengan syarat masyarakat tersebut telah bermukim disana minimal 20 tahun lamanya dan harus sesuai dengan tata ruang.

"Disamping itu kesiapan pihak Kabupaten juga menjadi perhitungan untuk skema ini," ungkapnya.

Penulis : Sobirin


Tags