Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Untuk Pemilih Pemula Pada Pemilu Serentak 2024 " PANWASLU KECAMATAN IV NAGARI Kabupaten Sijunjung

 

Kerisjambi.id - Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan IV Nagari Melaksanakan Kegiatan FUN RUN 5K dan Sosialisasi Pengawasan Penyelenggaraan Pemilu Partisipatif kepada Pemilih Pemula untuk pemilihan umum Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Persiden Dan Wakil Presiden Tahun 2024, kegiatan tersebut dihadiri oleh anggota Bawaslu kabupaten Sijunjung koordinator divisi penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa Juni Wandri.SH, M.kn, Camat Kecamatan Iv Nagari Ayu Bony Dwifitha,S.STP. M.Si, Kapolsek Kecamatan Iv Nagari Iptu Joni Efendi, S.B, Wali Nagari Palangki Jasman Hsy. Dan Perwakilan Dari Man 1 Sujunjung Yoni Fitri, M.Pd, kegiatan tersebut diadakan dibelakang pasar ternak nagari palangki( 21/02/2023 

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Ini Kasek Panwaslu Kecamatan IV Nagari Saiful Indra,SH dalam sambutannya "Kegiatan Ini Dilaksanakan Dengan Peserta Siswa Siswi MAN 1 Sijunjung Sebanyak 148 Orang Rata Rata Kelas 3 Semua, Yang Akan Berumur 17 Tahun Pada 2024 Nanti.

1. Fun Run 5 K,  

2. Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemili Pemula 

Dasar Hukum Kegiatan Sosialisasi Itu, Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum Sebagaimana Telah Diubah Dengan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum; Kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Untuk Pemilih Pemula Ini Bertujuan Untuk Meningkatkan Pemahaman Tentang Pemilu Juga Melaksanakan Tugas Panwaslu.

Ketua Panwaslu Iv Nagari Rahmatsyah, S.Pd ( Divis Sumber Daya Manusia, Organisasi Data Dan Informasi) dalam Sambutannua menyampaikan "Kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Dan Pemili Pemula Untuk Pemilihan Umum Serentak 2024, Pemilihan Presiden Dan Wakil Presiden, Dpd Ri, Dpr Ri, Dprd Provinsi, Dprd Kab/Kota. Kegiatan Ini Dilaksanakan Dengan Bekerja Sama Dengan Man 1 Sijunjung, Pesertanya Yaitu Siswa Siswi Kelas 3 . Dihadiri Oleh Ibu Camat Kecamatan Iv Nagari Ibu Ayu Bony Dwifitha,S.STP. M.Si, Bawaslu Kab Sijunjung Bapak Juni Wandri, Sh .M.Kn, Kapolsek Kecamatan Iv Nagari Bapak Iptu Joni Efendi, S.B, Wali Nagari Palangki Jasman Hsy. Dan Perwakilan Dari Man 1 Sujunjung Bapak Yoni Fitri, M.Pd, Kegiatan Ini Diawali Dengan Fun Run 5k Dengan Tujuan Untuk Mendongkrak Semangat Siswa Siswi Ikut Dalam Kegiatan Ini, Panwaslu Kecamatan Iv Nagari Memberikan Dorprise Kepada Siswa Siswi Yang Finish 10 Besar. Setelah Kegiatan Ini Dilanjutkan Dengan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemili Pemula, Narasumber Dari Bawaslu Kab Sijunjung Bapak Juni Wandri, Sh.M.Kn."

"Selanjutnya ia menambahkan Kegiatan Ini Bertujuan Untuk Meningkatkan Pengetahuan Tentang Pemilu, Kecerdasan Dalam Memelilih Pilihan Pada Hari Pencoblosan 14 February 2024 Nanti".

Jafrigos Endro Yutra,S.Pd ( Kordiv Hpph Panwaslu Kecamatan IV Nagari) "Koordinator Divisi Hukum Pencegahan Partisipasi Masyarakat Dan Hubungan Masyarakat Jafrigos Endro Yutra.S.Pd Dalam Acara Tersebut Menyampaikan "Bahwa Kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilih Pemula Ini Diadakan Bertujuan Untuk Mengembangkan Sistem Pengawasan Pemilu Dikecamatan Iv Nagari, Dengan Adanya 148 Pemilih Pemula Yg Ikut Serta Didalam Agenda Ini Maka Akan Memudahkan Kita Dilembaga Panwascam Untuk Mendapatkan Informasi Terkait Dugaan-Dugaan Pelanggaran Pemilu Yang Ada Dikecamatan Iv Nagari, Karena Peran Pemilih Pemula Juga Merupakan Sebagai Penentu Suksesnya Pemilu 2024 Nantinya.

Wilda Sukrina, E. Si Kordiv PPPS Panwalu Kecamatan IV Nagari "Koordinataor Divisi Penindakan Pelanggaran Dan Penyelesaian Sengketa Ibu Wilda Sukrina, S.Si Menyampaikan Dengan Adanya Kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Untuk Pemilih Pemula Pada Pemilu Serentak 2024, Diharapkan Dapat Memberi Pengetahuan Tentang Pemilu Tersebut Kepada Siswa-Siswi Man 1 Palangki Kecamatan Iv Nagari Kabupaten Sijunjung, Supaya Siswa Siswi Yang Akan Genap Usia 17 Tahun Pada 14 February 2024 Agar Mereka Bisa Menggunakan Hak Pilihnya Pada Pemilu Serentak 2024 Nanti".

1. Cerdas Dalam Memelilih Pilihan Sesuai Hati Nurani Mereka 

2. Tidak Tergiur Rayuan² Sesaat

3. Dengan Adanya Kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemili Pemula Ini Bisa Membuka Ruang Pembelajaran Politik, Pengetahuan Pemilu Bagi Siswa Siswi Menjadi Andil Sangat Besar Dalam Pemilu Serentak 2024. Merak Hidup Di Dalam Pergantian Abad Ini, Generasi Milenial Yang Populer Dalam Kehidupan Sehari-Harinya Dengan Gadget, Smartphone, Sosial Media Yang Rentan Dlam Penyebaran Hoaks Pada Pesta Demokrasi.

Juni Wandri Sh, K.Kn Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Sijunjung "Menyampaikan Terkait Pemilu Serentak 2024 Kepada Peserta Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Untuk Pemilih Pemula, Pemilu Di Indoneisa Merupakan Suatu Wujud Nyata Dari Demokrasi Dan Menjadi Sarana Bagi Rakyat Dalam Menyatakan Kedaulatannya Terhadap Negara Dan Pemerintah. Pemilu Berlandaskan Pancasila Dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Pemilihan Umum Dapat Dikatakan Sebagai Salah Satu Sarana Demokrasi Dan Bentuk Perwujudan Kedaulatan Rakyat Untuk Menghasilkan Wakil Rakyat Dan Pemimpin Yang Aspiratif, Berkualitas, Serta Bertanggung Jawab Untuk Mensejahterakan Rakyat. Siswa Siswi Yang Sekarang Sudah Kelas 3 Yang Genap 17 Tahun Pada 14 February 2024 Untuk Menggunakan Hak Pilihnya, Bijak Dalam Menggunakan Hak Pilih, Cerdas Dalam Menentukan Pilihan"

Selanjutnya ia menambahkan Pastikan Data Diri Kita Sudah Dicoklit Oleh Pantarlih Dimasing-Masing Tempat Tinggal. Pada Saat Masa Kampanye Jangan Sampai Sekali² Kita Untuk Menerima Suap Untuk Suara Kita, Jangan Suara Kita Hanya Di Hargai Sesaat Untuk Satu Periode Jabatan, Di Saat Masa Tenang Kampanye Pemilu Kalau Ada Yang Melanggar Aturan Dari Paslon Paslon, Pelanggaran Pemilu, Lapor Kebawaslu Dengan Disertai Bukti Bukti. 

Terakhir Juni wandri.SH,M.Kn memberikan closing stetmen bahwa Rekan Rekan Generasi Milenial Adalah Tonggak Perubahan Bangsa Kedepan.