PJ Bupati Aspan Buka Pesta Rakyat Lubuk Larangan Potensi Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Lubuk Larangan Desa Lubuk Mandarsah

Kerisjambi.id-TEBO - Pj Bupati Tebo H. Aspan menghadiri pesta rakyat sekaligus membuka Lubuk Larangan di Desa Lubuk Mandarsah Kecamatan  Tengah Ilir Kabupaten Tebo Minggu (25/2/2023).

Kehadiran PJ Bupati Aspan disambut hangat antusias ratusan masyarakat Desa Lubuk Mandarsah.

Pj Bupati Tebo H. Aspan saat sambutannya berharap pembukaan Lubuk Larangan tersebut dapat menambah penghasilan masyarakat khususnya Desa Lubuk Mandarsah, selain itu dengan konsumsi ikan banyak mafaat , karena ikan merupakan makanan dengan sumber gizi yang yang baik.

Melihat hasil dan potensi yang ada.Pj Bupati Aspan berharap kegiatan lubuk larangan itu dapat dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) agar mendorong pendapatan bagi Desa Lubuk Mandarsah dan dapat di contoh oleh desa desa yang lain. 

"Saya berharap ini dikelola dengan baik dan tahun ini akan kita anggarkan melalui dinas perternakan dan perikanan," kata Aspan.

Kegiatan panen ikan lubuk larangan ini direncanakan akan menjadi acara rutin yang dilaksanakan setiap tahun. Terlihat begitu dibuka oleh Bupati, Meskipun cuaca sedang panas, masyarakat langsung beramai-ramai terjun ke sungai  yang sudah setengah dikeringkan untuk berlomba-lomba menangkap ikan dengan alat tangkap yang telah ditentukan panitia. 

Sementara itu Kepala Desa Lubuk Mandarsah Zulpan Saripudin  menyampaikan bahwa kegiatan lubuk larangan baru pertama kali diadakan itu, merupakan inisiasi bersama masyarakat Lubuk Mandarsah, melihat potensi ikan yang ditebar setahun lalu cukup banyak siap dipanen. Dengan cara panen ramai-ramai hasil tangkap langsung jadi hak mereka. 

"Dulu benih ikan yang kita tebar dari anggaran dana Desa, berupa benih ikan Nila,lele, ada juga ikan tunggu yang sudah ada yaitu ikan nila tampa dirawat layaknya tambak. Namun hasilnya baik siap dipanen," katanya

Kedepan, lanjut Zulpan , sesuai arahan Bapak Pj Bupati H. Aspan kegiatan ini agar dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) diharapkan mendongkarak pendapatan Desa Lubuk Mandarsah.

Penulis : Sobirin