Awal Tahun 2023, PJ Bupati Tebo Aspan Rakor Beri Pemahaman Tugas Dan Fungsi Kades


Saat Rapat Koordinasi

Kerisjambi.id-TEBO-Awal Tahun 2023 PJ Bupati Tebo H. Aspan ST melakukan rapat koordinasi bersama para Kades Se-kabupaten Tebo, rapat dilakukan di aula utama perkantoran bupati Tebo Senin (6/2/2023).

"Ini merupakan hal yang strategis diawal tahun anggaran 2023 dan ada 39 desa dengan Kades baru dilantik, karena banyak kades yang baru dilantik jadi belum memahami tugas dan fungsi " ujar Aspan.

Selain itu Aspan bilang termasuk 15 Pj Kades pemekaran yang belum lama ini dilantik, dari rapat yang dilakukan Aspan bilang terkait penekanan pecepatan realisasi Dana Desa (DD).

"Karena realisasi Dana Desa, realisasi APBD sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan Ekonomi di Dearah ini," Jelas Aspan.

Aspan bilang selain itu terkait penekanan terhadap penanganan inflasi, ada dialokasikan anggaran sebanyak 20 persen di Desa.

"Jadi dikabupaten Tebo Ini ada Rp.19,4 miliar anggaran untuk penanganan inflasi kalau ini kita kelola dengan baik berapa kilo cabe yang didapat, berapa telor yang didapat," kata Aspan.

Kemudian penekanan terhadap stanting yang merupakan program Nasional, Aspan mengatakan pemkab sudah berupaya di tahun 2022 lalu sudah ada mengalami penurunan akan tetapi belum signifikan.

"Sehingga tahun 2023 kita akan memacu dibawah angka Nasional, kemudian realisasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang diwajibkan bagi Daerah tahun 2022 baru mencapai 60 persen.

"mudah-mudahan 2023 bisa 100 persen. Kalau ini tidak tercapai tentunya dana bagi hasil kita berkurang," Tutup Aspan.

Penulis : Sobirin