Tahun 2023 Kuota Keberangkatan Haji Di Kabupaten Tebo Normal Kembali

Kantor Pelayanan Haji Kemenag Tebo

Kerisjambi.id-TEBO- Calon jamaah haji (CJH) Kabupaten Tebo Provinsi Jambi tahun 2023 saat ini telah masuk dalam tahap persiapan dokumen paspor, "ujar Kepala kantor kementerian agama (Kemenag) Tebo melalui Kasi Penyelenggara haji dan umroh (PHU) H Lukman, Kamis (19/1/2023).

Lukman menjelaskan, beberapa tahun lalu yang seharusnya berangkat tapi tertunda maka mereka sudah di siapkan dan sediakan paspornya namun bagi yang betul-betul masuk dalam kuota tahun 2023 ini juga akan dipersiapkan dokumen paspor keberangkatannya.

Sejauh ini Lukman bilang sudah mengikuti informasi dari pusat melalui zoom meeting dengan Menteri agama bahwa tahun 2023 kuota Haji kembali normal.

Yang mana kuota Haji untuk Indonesia tahun 2023 adalah 221 ribu sehingga Kabupaten mengikuti kuota normal dan tidak lagi dibatasi, "beber Lukman.

Berkaitan dengan usia CJH tahum 2023 sebagaimana diketahui darurat Covid usia diatas 65 tahun ditunda keberangkatannya. Dan untuk tahun 2023 ini sambung Lukman, CJH tidak lagi dibatasi usianya.

Terkait dengan itu kata Lukman, kepada masyarakat untuk tidak lagi ragu dalam melaksanakan ibadah haji begitu pula dengan pendaftaran haji. Keberangkatan haji sekarang sudah tidak lagi dibatasi usia maupun kuota,"tegasnya.

" Dijelaskan Lukman jumlah CJH Tebo secara estimasi yang pendaftarannya sampai tahun 2011 akan diberangkatkan pada tahun ini tergabung dalam kuota tahun 2023 sebanyak 245 orang.

Adapun persiapan untuk keberangkatan sebelumnya diakhir tahun 2022 lalu sudah di laksanakan bimbingan manasik haji sebanyak empat kali untuk mereka CJH yang akan di berangkatkan pada tahun 2023 ini, "ungkap Lukman.

"Namun demikian Lukman berharap mudah-mudahan sebelum memasuki puasa Ramadhan tahun 2023 kita sudah melaksanakan bimbingan manasik haji kepada mereka. 

Untuk jadwal keberangkatan haji kita masih menunggu jadwal dari pusat, karena puasa Ramadhan ini sudah dekat kemungkinan berdasarkan bulan Hijriah tidak lama lagi akan diberangkatkan, karena untuk keberangkatan itu pada bulan Zulkhaidah, "pungkas Lukman.

Penulis : Sobirin