TBM Rumah Baca Lentera Kerinci gelar Webinar Literasi Finansial untuk Anak-anak Muda Kabupaten Kerinci dan Sungai Penuh.

 

Kerisjambi.id - Jum’at, 21 Oktober 2022, Rumah Baca Lentera Kerinci (TBM Lentera Muda Kerinci) menyelenggarakan Webinar Literasi Finansial dengan tema “Anak Muda dan Kesempatan berkarya yang dihadiri oleh peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Rumah Baca Lentera Kerinci juga mengundang beberapa Organisasi Mahasiswa Kerinci-Sungai Penuh yang ada di Sumatera Barat, Jambi dan Kerinci, serta OSIS dari SMA dan MA yang ada di Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci. Webinar ini merupakan kegiatan pertama yang dijalankan oleh pengurus baru Rumah Baca Lentera Kerinci.

Literasi tidak hanya sekedar baca tulis, melalui kegiatan ini Rumah Baca Lentera Kerinci ingin mengenalkan enam literasi dasar kepada anak-anak muda khususnya di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh. Kegiatan ini diharapkan mampu menambah pemahaman anak muda tentang Literasi Finansial yang jarang dikemukakan serta agar mampu menciptakan karya yang akan membantu finansial mereka nantinya. 

Literasi finansial sendiri merupakan pengetahuan dan kecakapan untuk mengaplikasikan pemahaman tentang konsep dan risiko, keterampilan agar dapat membuat keputusan yang efektif dalam konteks finansial untuk meningkatkan kesejahteraan finansial, baik individu maupun sosial, dan dapat berpartisipasi dalam lingkungan masyarakat.

Rumah Baca Lentera Kerinci menghadirkan pembicara dari Kota Sungai Penuh pada Webinar Literasi Finansial ini, Zarifa Olivia, lulusan Teknologi Produksi Ternak Institut Pertanian Bogor yang juga merupakan seorang wirausahawan yang bergerak dalam bidang pangan sekaligus Sekretaris Umum Yayasan Lentera Muda Kerinci.

Zarifa Olivia memaparkan materi dengan baik tentang Kenapa anak Muda Harus Berkarya dan cara berbisnis terutama dibidang pangan yang disambut antusias oleh para peserta yang hadir. Webinar ini berjalan dengan seru dan interaktif, bahkan ketika memasuki sesi tanya jawab, beberapa peserta dengan aktif memberikan pertanyaan kepada pemateri yang berkaitan dengan bisnis dan kewirausahaan.

#Pemilik Mikoomu, Zarifa Olivia menegaskan bahwa semua orang punya kesempatan yang sama untuk memulai dan menunjukkan identitas dirinya, jangan takut untuk memulai dan prinsip sukses menurut beliau adalah kurangi main perbanyak inovasi dan bekerja. Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama Rumah Baca Lentera Kerinci, Organisasi Mahasiswa Daerah Kerinci-Sungai Penuh, forum pegiat literasi, Lentera Muda Kerinci, Media Keris Jambi, dan Mikoomu. Ke depan, masih banyak webinar-webinar 60 menit yang akan dihadirkan oleh Rumah Baca Lentera Kerinci seperti Kelas Menulis Catatan Perjalanan, Literasi Budaya dan sebagainya. 


Koresponden: Zahrani Esa Mulya (Sekretaris Rumah Baca Lentera Kerinci)