Lentera Muda Kerinci Wakili Jambi dalam Festival Literasi Indonesia 2022

Gegap gempita Festival Literasi Indonesia 2022 memang sudah berakhir, namun semangat pegiat literasi yang hadir dalam acara tersebut nampak terus bergelora. Acara yang digelar selama empat hari di Kubu Raya, Kalimantan Barat itu cukup membekas di banyak peserta yang hadir, salah satunya adalah Yoni Elviandri yang mewakili Lentera Muda Kerinci sebagai perwakilan dari Provinsi Jambi. Yoni bersama Yuliana Kondjol dari Rumah Baca Cenderawasih, Sorong Selatan, Papua Barat dan Siti Badariah dari Kampung Baca Tamsal, Kubu Raya, Kalimantan Barat menceritakan pengalaman anak muda dengan gerakan literasi di kampung halaman masing-masing.

Tidak hanya itu, kegiatan ini juga diisi oleh banyak pemateri seperti Gol A gong selaku Duta Baca Indonesia, Aam Siti Aminah dari PW Forum TBM Jawa Barat, Ahmad Sofyan dari Literer Khatulistiwa, Kalimantan Barat yang berbagi tentang konsep dan praktik membangun regenerasi relawan TBM/Komunitas Literasi.

Kegiatan yang berlangsung dari 28 September – 1 Oktober 2022 ini mengusung tema: Transformasi Literasi dalam Konteks Merdeka Belajar. Terselenggara berkat Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bekerja sama dengan Forum Taman Bacaan Masyarakat, serta Pemerintah Daerah Kubu Raya

Festival Literasi Indonesia merupakan ruang berbagi praktik kegiatan baik dari pegiat literasi perwakilan pengelola TBM dari seluruh Indonesia. Berbagai rangkaian acara seperti diskusi, workshop maupun pameran karya mampu menarik perhatian berbagai kalangan seperti siswa, guru, maupun pegiat literasi Kubu Raya yang ikut menyemarakkan kegiatan.