Kemeriahan Festival Literasi Indonesia 2022: Dari Kubu Raya untuk Indones

 

Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat menjadi tuan rumah penyelenggaran Festival Literasi Indonesia 2022. Kegiatan yang bertajuk Transformasi Literasi dalam Konteks Merdeka Belajar ini terselenggara berkat Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bekerja sama dengan Forum Taman Bacaan Masyarakat, serta Pemerintah Daerah Kubu Raya.

Dr. Cecep Suryana MM selaku Kapokja Kemitraan Daerah dan Pemberdayaan Komunitas, Direktorat PMPK mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menambah amunisi semangat pegiat literasi yang hadir untuk terus menumbuhkan semangat literasi di masyarakat di daerahnya masing-masing. Ihwal hal tersebut, ketua Forum TBM, Opik juga memaparkan bahwa dewasa ini, gerakan literasi dapat dilakukan di mana saja tanpa batasan ruang dan waktu. TBM hadir untuk memberikan akses belajar yang mudah pada masyarakat. Lebih jauh, Opik mengatakan bahwa TBM memilik tiga layanan, di antaranya layanan di tempat, layanan kejar membaca seperti lapak baca, pojok baca, gelaran membaca, dan TBM berbasis digital.

Menghadirkan peserta dan pembicara dari berbagai pegiat literasi perwakilan masing-masing daerah di Indonesia, kegiatan yang berlangsung selama empat hari dari 28 September-1 Oktober 2022 sukses menarik perhatian siswa, guru, maupun pegiat literasi di Kalimantan Barat. Transformasi ruang pembelajaran literasi pada praktiknya menjadi kekuatan dalam optimalisasi program merdeka belajar Kemendikbudristek, hal ini senada dengan langkah untuk mentransformasi pendidikan demi terwujudnya Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul Indonesia.

Berbagai workshop dan diskusi literasi mampu menarik perhatian banyak kalangan seperti workshop menulis catatan perjalanan yang diampu oleh Benny Arnas dari Lubuk Linggau dan Adaptasi Cerita Rakyat oleh Debby Lukito dari Bali yang dilakukan untuk menambah penguatan kapasitas TBM dalam gerakan liteasi. Kemeriahan acara juga didukung oleh kehadiran Palupi Mutiasih dari Fun Garden Literacy (FGL) yang membuat anak-anak sumringah dengan dongeng yang dilakukan.

Malam harinya kegiatan diisi dengan sharing pengalaman anak muda bersama gerakan literasi di komunitas masing-masing seperti Yuliana Kondjol dari Rumah Baca Cenderawasih, Papua Barat, Siti Badariah dari Kampung Baca Tamsal, Kalimantan Barat, dan Yoni Elviandri dari Lentera Muda Kerinci, Jambi. Festival Literasi Indonesia 2022 ini merupakan ruang berbagi praktik kegiatan baik dari pegiat literasi perwakilan pengelola TBM dari seluruh Indonesia.