Gagas Program Pelestarian, Provinsi Jambi Raih Harapan II Pemilihan Duta Bahasa Nasional.


kerisjambi.id-
Pemilihan Duta Bahasa tingkat nasional baru saja digelar pada Rabu (26/10/22) dan bertempat di Hotel Mercure Jakarta Barat. Kegiatan ini sendiri merupakan agenda rutin yang digelar oleh kemendikbudristek setiap tahunnya.


Dalam pemilihan kali ini peserta dari berbagai provinsi menampilkan program unggulan masing-masing daerahnya untuk meraih peringkat terbaik.


Duta Bahasa Provinsi Jambi diwakili oleh mahasiswa UIN Jambi Ahmad Zaed Abdul Aziz dan Mahasiswi Unja Malika Hijriati berhasil mendapatkan peringkat harapan II dengan menggagas program pelestarian dadung yang merupakan salah satu kearifan lokal Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi. Sementara itu, terbaik satu di raih oleh perwakilan DKI Jakarta.


Ketua Ikatan Duta Bahasa Provinsi Jambi, Turino Adi Irawan mengatakan pencapaian ini merupakan hasil kerjasama semua pihak.

"Kemenangan ini bonus dari bentuk usaha kami, bagaimana tradisi lisan bisa hidup kembali di masyarakat. Kemenangan ini berkat kerja sama semua pihak yang mau menyukseskan krida literasi dadung. Terima kasih Malika, Zaed dan tim yang telah berjuang hingga mendapat gelar ini" Ucapnya.


Ia menambahkan, kedepan program ini bisa terus dilanjutkan.

"Ini tanggung tanggung jawab bersama, kedepan bagaimana program ini terus berlanjut dan memberikan dampak pelestarian yang konsisten" Tutupnya.


Untuk diketahui, sebelum menampilkan program promosi dadung ke pentas nasional, para duta bahasa Jambi 2022 yang berjuluk "Teman Karsa" telah mematangkan persiapan beberapa bulan sebelum tampil. Kolaborasi dengan berbagai pihakpun telah dijalankan sebelumnya, diantaranya melakukan observasi ke daerah, berdiskusi bersama para pejabat setempat, bincang tradisi bersama tokoh maestro dadung, dan kolaborasi bersama media massa.


Pewarta: hap