KUNJUNGAN LAPANGAN MAHASISWA PASCA SARJANA MAE DI KEBUN PERCOBAAN UNIVERSITAS JAMBI

 


Kerisjambi.id | Mendalo (17/09/2022) Sebanyak 12 orang mahasiswa Pasca Sarjana Jurusan Agroekoteknologi (MAE) Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Universitas Jambi, melakukan kunjungan lapangan ke Kebun Percobaan Fakultas Pertanian bertempat di kampus Universitas Jambi Gedung Mendalo Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi.

Kunjungan lapangan mahasiswa Faperta UNJA ke Kebun Percobaan Tanaman Hortikultura dan pangan berbasis teknologi digital tersebut adalah satu kegiatan praktik lapangan untuk melihat proses penelitian tentang pengembangan tanaman sayuran yang dikelola secara teknologi Android oleh salah satu dosen fakultas pertanian Universitas Jambi yaitu Bapak Fuad Nurdiansyah, S.P., M.PlaHBio., Ph.D yang juga sebagai Kepala Laboratorium Teaching And Research Farm and Climatology Station.

Sebelum melakukan kunjungan lapangan di Kebun Percobaan tersebut, pembimbing mata kuliah metode penelitian dan ekofisiologi program MAE Ibu Prof. Dr. Ir. Hj. Anis Tatik Maryani, M.P., menjelaskan kepada para mahasiswa Pasca Sarjana tentang bagaimana mengelola kebun berbasis digital untuk menjaga dan mengendalikan lingkungan tanaman secara teknologi.

Bapak Fuad Nurdiansyah, S.P., M.PlaHBio., Ph.D di sela bimbingan lapangan mengatakan bahwa kunjungan lapangan mahasiswa pasca sarjana ke pusat pengembangan teknologi pertanian ini adalah satu langkah maju karena lahan percobaan fakultas pertanian UNJA itu memiliki fungsi strategis dalam pengembangan tanaman hortikultura dan pangan berbasis teknologi.

Disela kesempatan kunjungan lapangan ibu Dr. Ir. Hj. Anis Tatik Maryani, M.P mengajak mahasiswa untuk melihat penelitian lainnya tentang pembibitan kelapa sawit yang komposisi perlakuan dengan menggunakan salah satu limbah pengolahan hasil karet di Kota Jambi yang dapat dijadikan sebagai bahan penyubur tanah untuk tanaman.“Para mahasiswa ingin mengetahui secara langsung tentang proses penelitian dan hasil-hasil penelitian tanaman untuk menjaga ekofisiologi tanaman dan lingkungan secara teknologi sebagai penyempurna ilmu yang diperoleh dari para dosen di ruang kuliah” dan di harapkan dari kunjungan tersebut dapat bermanfaat di kemudian hari sebagai dasar turun kelapangan di tengah masyarakat dan sebagai bahan rujukan Tesis yang akan di tulis dan di teliti oleh para mahasiswa.


OLEH : M. ANGGORO KASIHM (Mahasiswa Pasca Sarjana MAE)