Catatan Kecil Kunker Presiden RI Joko Widodo Ke Jambi



Dr. SYAMSU RIZAL, SE, M.Si
Ketua Forum Jambi Barat

Kerisjambi.id-Kehadiran Presiden RI Pak Joko Widodo ke Jambi di bulan suci ramadhan ini merupakan berkah dan rahmat bagi Kabupaten yg di kunjungi yaitu Kab Bungo-Merangin dan Tebo. 

Meskipun rencana awal beliau juga akan berkunjung ke Kab Kerinci & Kota Sungai Penuh. Dalam catatan sejarah jambi pasca Reformasi baru kali ini Presiden Kunker ke Kabupaten yg berada di wilayah Propinsi Jambi bagian barat.

Kehadiran Presiden RI ke 7 ini tentu membawa berbagai Program & Anggaran yg tentunya sangat di harapkan dapat mengangkat Perekonomian Masyarakat Jambi yg berada di wilayah Propinsi Jambi Bagian Barat. Dalam Kunker Presiden x ini cukup istimewa bagi Propinsi Jambi krn langsung mendarat di Bandara Muara Bungo tanpa melalui Kota Jambi sebagai  ibu kota Propinsi Jambi.

Sebagai bagian dari elemen masyarakat Jambi wilayah Barat kami menaruh secercah harapan bahwa eksistensi cikal bakal berdirinya Propinsi Jambi Wilayah Barat yang terdiri dari Kab. Bungo, Tebo, Merangin, Sarolangun,  Kerinci & Sungai Penuh secara defakto perlahan2 tapi pasti mulai mendapat pengakuan bhw Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru di wilayah Propinsi Jambi bagian barat membutuhkan sentuhan lgs dr Pemerintah Pusat.

Secara implisit kunker Presiden kali  ini khusus ke beberapa kabupaten di Propinsi Jambi bagian barat bisa juga di maknai   sebagai salah satu upaya pemerintah pusat untuk  mendorong percepatan Pertumbuhan ekonomi baru di Propinsi Jambi diwilayah bagian barat.

Dari sisi Sumber Daya Alam ( SDA ).Jambi Wilayah bagian Barat.ini jauh lebih memiliki keunggulan komparatif dari berbagai aspek spt Batu Bara, Emas, Biji Besi, Geopark Merangin dll.

Sebagai catatan kecil dari kami yg mempunyai mimpi besar kelak. kemudian hari akan lahir Propinsi Jambi Wilayah Barat yg mampu menjadi Pusat Episentrum Pertumbuhan Ekonomi Baru yg harus kita wujudkan bersama tanpa menghilangkan hak2 keperdataan maupun sejarah romantisme masa lalu sebagai satu kesatuan wilayah Propinsi Jambi.

Jadi dapat disimpulkan dari sisi aspek politis mendarat nya Presiden Joko Widodo di bandara Muara Bungo serta bermalam nya beliau di Muara Bungo merupakan salah satu pertanda/kode alam bahwa suatu saar nanti akan berdiri Propinsi Jambi Wilayah Barat dengan Ibukota Muara Bungo.
Insya Allah......

Dr. SYAMSU RIZAL, SE, M.Si
Ketua Forum Jambi Barat