GIAT KUKER BRI RO PALEMBANG DI DESA BRILIAN DESA IBRU KABUPATEN MUARO JAMBI

 

Oleh: 

Ir. M. Anggoro Kasih, S.P.,IPP

Direktur BUMDes Suka Makmur

Desa Brilian Desa Ibru terletak di jalan jambi palembang km. 38 Kecamatan Mestong Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi. beberapa waktu lalu menorehkan prestasi terbaik pada ajang nugraha karya Desa BRILian salah satu program dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) dari tahun 2020, dimana Desa Ibru bersama BUMDes Suka Makmur masuk ke dalam nominasi desa terbaik pada bidang inovasi dan digitalisasi yang di ikuti lebih dari 3.000 desa se indonesia. Prestasi tersebut diraih berkat sederet terobosan yang dilakukan Desa Ibru dalam memanfaatkan potensi desa. Salah satu potensi yang dimiliki Desa Ibru adalah ketersediaan sumber mata air alami yang melimpah dengan kualitas baik dan produksi olahan tanaman rimpang kunyit dengan berbagai produk unggulan desa.

Pengembangan potensi Sumber Data Alam (SDA) yang di kelola dengan SDM yang baik melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), yakni BUMDes Suka Makmur, Desa Ibru mengembangkan usaha pengelolaan dan pengolahan air bersih untuk rumah tangga, usaha rumahan, dan bahkan kedepannya akan menjadi produsen air minuman dalam kemasan (AMDK) di Provinsi Jambi, kemudian selain pengelolaan air bersih juga BUMDes Suka Makmur mengembangkan usaha budidaya tanaman rimpang jenis kunyit bersama dengan kelompok tani dan kelompok wanita tani sebagai kluster usaha di Desa Ibru dan mengolah hasil tanaman kunyit tersebut menjadi berbagai produk unggulan seperti serbuk kunyit, teh kunyit, kunyit kristal, kerupuk kunyit, sabun kunyit, pengaruh ruangan sampai dengan eco enzyme dimana pengelolaannya dengan konsep zero waste (tanpa limbah) dengan harapan dapat menjaga kelestarian lingkungan dan keberlanjutan usaha di masyarakat.

Minggu lalu (25/1/24) Desa Ibru berkesempatan mendapat kunjungan kerja dari Dept Head Team Eco 1 RO Palembang Bapak Yosef Hahardika bersama TIM dengan agenda pendampingan dan melihat perkembangan serta komitmen Pemerintah Desa Ibru dan BUMDes Suka Makmur dalam menjalankan program kegiatan desa dan usaha. Berbagai tanggapan positif dan dukungan apresiasi kepada Desa Ibru dari TIM BRI RO Palembang dan Cabang Jambi serta Unit BRI Tempino agar supaya ke depannya Desa Ibru dapat menjadi role model master plan pengembangan desa di Provinsi Jambi melalui pemanfaatan potensi desa. Desa Ibru termasuk desa dengan jumlah KK, jiwa dan wilayah kecil di Provinsi Jambi dapat menjadi anugrah yang dapat membawa Daerah Jambi khususnya dan umumnya wilayah Sumatra untuk dapat di perhitungkan di kancah nasional dan dapat bersanding dengan desa-desa di Pulau Jawa, Kalimantan, Bali dan lainnya.

Masuknya Desa Ibru ke dalam nominasi Desa BRILian tidak terlepas dari Kegigihan tim BRI dari Kantor Unit Tempino, Provinsi Jambi, mendampingi warga desa dalam upaya pengenalan pelayanan perbankan dan produk digital BRI, mulai dari Agen BRILink, BRImo, QRIS, Pasarid, hingga Localoka. Berkat produk keuangan digital BRI, masyarakat Desa Ibru dimudahkan dalam mengakses layanan keuangan, seperti transaksi, pembayaran, dan pinjaman. Selain itu, produk keuangan digital BRI juga membantu meningkatkan produktivitas masyarakat Desa Ibru sehingga dapat meningkatkan perekonomian desa.