KUKERTA POSKO 13 BERSAMA KUA KECAMATAN BETARA ADAKAN SOSIALISASI PENGAJUAN NIB DAN SERTIFIKAT HALAL GRATIS

 



KerisJambi.id - Mandala Jaya - Untuk Membantu UMKM yang ada di Desa Mandala Jaya, Mahasiswa KUKERTA Posko 13 STAI An-Nadwah Kuala Tungkal Adakan Kegiatan Sosialisasi Sekaligus Penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Pembuatan Sertifikat Halal secara Gratis.

Kegiatan ini dilaksanakan di aula kantor desa pada Selasa (19/12/2023), dihadiri langsung oleh pemerintah Desa yang di Wakilkan oleh Sekretaris Desa, KUA Kecamatan Betara, Kadus, serta Masyarakat Desa Mandala Jaya.

Dalam Sambutannya Kudri selaku Sekretaris Desa Menyampaikan Terimakasih Kepada Mahasiswa KUKERTA Posko 13 yang telah mengadakan Kegiatan Ini untuk membantu UMKM yg Ada di Desa Mandala Jaya.

"Kami Mengucapkan Terimakasih Kepada Mahasiswa KUKERTA Posko 13 dan KUA Kecamatan Betara yang telah mengadakan sosialisasi NIB dan Sertifikat Halal, saya berharap dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan produk UMKM yang ada di Desa ini dapat berkembang dengan cepat dan dapat bersaing di pasaran lokal maupun Nasional". Ucapnya.

Masih di tempat yang sama Taripah, S.Kom.I selaku penyuluh Agama Islam PPPK Sekaligus Pendamping Prodak halal di Kabupaten Tanjung Jabung barat menyampaikan tujuan dan harapan diadakannya yaitu untuk membantu UMKM yang ada di desa.

"Kami sangat berterimakasih kepada mahasiswa kukerta posko 13 yang telah membantu mengadakan kegiatan ini Agar semua pelaku usaha makanan dan minuman UMKM yang ada di desa ini punya NIB dan Sertifikat Halal sehingga prodak yang di buat bisa dipasarkan secara Nasional, untuk pelaku usaha yang ada di Desa Mandala Jaya segera lah mengajukan NIB dan sertifikat Halal mumpung gratis karena nanti pada tanggal 17 Oktober 2024 bagi pelaku usaha yang tidak mempunya sertifikat halal di kenakan sanksi berupa denda dan prodak yang di pasarkan bisa di tarik dari peredaran". Ucapnya

Kepala Dusun Harapan Jaya II, Syamsudin Mengatakan Kegiatan Seperti ini sangat bermanfaat untuk diadakan karena bisa membantu para pelaku usaha di desa Mandala Jaya.

"Terimakasih Kepada Mahasiswa KUKERTA Posko 13 beserta KUA Kecamatan Betara yang telah mengadakan kegiatan ini, karena kegiatan seperti ini sangat di perlukan dan dapat membantu para pelaku usaha di desa kami karena dengan adanya kegiatan ini masyarakat dapat terbantu untuk mengurus perizinan usaha makanan ataupun minuman-nya". Pungkasnya

Asan Bangun selaku ketua pelaksana sosialisasi menyampaikan terimakasih kepada seluruh elemen masyarakat yang telah hadir pada kegiatan sosialisasi NIB dan Sertifikat Halal.

"Saya Selaku Panitia Pelaksana mewakili Mahasiswa KUKERTA Posko 13 mengucapkan Terimakasih kepada KUA Kecamatan Betara, Pemerintah Desa, serta seluruh masyarakat yang hadir pada agenda kegiatan ini, semoga kegiatan yang kami buat ini dapat membantu semua pelaku usaha UMKM yang ada di desa Mandala jaya sehingga prodak nya resmi di mata hukum dan dapat diperjual belikan di pasar nasional." Sebutnya

Dari hasil wawancara kepada Salah satu masyarakat desa yang mengajukan NIB dan Sertifikat Halal mengatakan merasa terbantu dengan adanya kegiatan ini khususnya pelaku usaha yang ingin mengajukan NIB dan Sertifikat Halal secara Gratis. (Ma)