MAPALA SIGINJAI UNJA MELAKSANAKAN PELATIHAN PENGOLAHAN PUPUK ORGANIK KEPADA KELOMPOK TANI HARAPAN MAKMUR DI DESA SETIRIS

 

Foto: Dokumentasi diskusi dengan peserta kegiatan di desa Setiris, 26/11/2023/KJL)

JAMBI,-26/11/2023, Tim Program Inovasi Desa (PRO IDE) MAPALA SIGINJAI UNJA, bersama kelompok Tani Harapan Makmur di Rt.11 Desa Setiris, Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, melaksanakan pelatihan pengolahan pupuk organik berupa Jadam, Jakaba dan Pestisida Nabati berupa Minyak Mimba. Sebelumnya Tim Pro ide Mapala SIGINJAI Unja sudah memperkenalkan Pupuk Jadam, Jakaba dan Pestisida Nabati dalam kegiatan pelatihan yang diadakan oleh Pemerintah Desa Setiris.

MAPALA SIGINJAI UNJA , melaksanakan pelatihan pembuatan pupuk organik sebagai upaya pengembangan pertanian berkelanjutan. Output dari pelatihan, akan diaplikasikan pada tanaman hortikultura yang biasa dibudidayakan oleh anggota kelompok tani Harapan Makmur di Desa Setiris, Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi.

Pupuk ramah lingkungan ini merupakan upaya perlindungan tanaman berbasis ekologi, untuk meningkatkan produktivitas tanaman dengan menjaga kelestarian lingkungan. Pelatihan digelar di Desa Setiris, Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi dan diampingi oleh Dosen Pemimbing ProIde MAPALA SIGINJAI UNJA 2023, Ir. Elwmendri M.Si.

Dalam pengantar pelatihan, Sarah, selaku kordinator kegiatan menjelaskan bahwa, pelatihan pembuatan pupuk organik ramah lingkungan dilatarbelakangi oleh situasi dan kondisi petani, dalam merasakan mahal dan langkanya pupuk sebagai imbas adanya pengurangan subsidi pupuk kimia yang dilakukan pemerintah. “Kami menggelar pelatihan pengolahan pupuk organik dari limbah di sekitar lingkungan tempat tinggal. Salah satu alternatif solusi bagi petani, karena bahan bakunya sangat mudah didapatkan oleh petani,” ujar sarah, Minggu (26/11/2023).

Mereka dilatih membuat pupuk jadam,jakaba Dan Pestsida Nabati dari bahan bahan yang sangat ramah lingkungan dan mudah di dapati.

Foto: Dokumentasi diskusi dengan petani hortikultura di desa Setiris, 26/11/2023/KJL)

“Para petani dibimbing cara membuat mulai dari pemilihan bahan sampai proses pembuatan, agar tanaman tumbuh dan berproduksi lebih bagus, dengan menggunakan bahan dasar di sekitar lahan pertanian,” ungkap Sarah Selaku Koordinator kegiatan Pro Ide SIGINJAI

Iapun menegaskan, dengan adanya pelatihan ini diharapkan ada peningkatan pengetahuan dan keterampilan petani di desa tersebut, dengan memanfaatkan bahan organik di sekitar lingkungannya.

“Kegiatan ini kami rencanakan sejak awal penyusunan proposal Pro Ide dan kami bersyukur, proposal lulus dalam seleksi di UNJA dan pada hari ini dilaksanakan pelatihan pembuatan pupuk organik. Kegiatan ini pun kami laksanakan untuk membantu petani di Setiris dalam pengolahan pupuk organik dan pestisida nabati, kegiatan ini di lakukan dengan diskusi interaktif serta praktek langsung, besar harapan kami kegiatan yang di lakukan ini bisa berguna dan bisa di implementasikan petani desa setiris” ungkap Aria selaku Ketua MAPALA SIGINJAI UNJA

Kegiatan Ini di tutup dengan pembagian Jakaba kepada petani Desa Setiris yang sebelumnya sudah di siapkan oleh TIM Pro Ide Mapala SIGINJAI Unja.

(SARAH DWI SALSABILAH/KJL/26/11/2023)