Rocky, Sosok Penjual Empek-Empek Menuju DPR RI

 

Kerisjambi.id - Seperti kata pepatah, Tuah Ayam Nampak Dikaki, Tuah Manusia Siapa Yang Tahu. Siapa sangka, nasib seorang bisa berubah, dulu hanya seorang penjual Empek-empek kini menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jambi.

Rocky Candra yang dulu hanya penjual empek-empek, bahkan pernah jadi tukang parkir hingga sopir angkot dimasa lalunya. Kini dengan pengalaman sebagai pengusaha dan DPRD Provinsi Jambi, di tahun 2024 Rocky kembali berjuang ditingkatan yang lebih besar yaitu sebagai Caleg DPR RI.

Saat menjadi pemateri Pendidikan Pancasila, Wawasan Kebangsaan dan Sosialisasi Perda Provinsi Jambi Nomor 10 Tahun 2022 yang di selenggarakan di Tugu Juang, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi, Rabu (12/07/2023). Rocky menyampaikan kisah keras masa lalunya, hingga saat dirinya saat ini menjadi anggota DPRD Provinsi Jambi.

"Kenangan saya yang menarik adalah pernah menjadi penjual Empek-empek keliling, itu saya lakukan setiap pulang dari sekolah," Rocky Menceritakan.

Rocky Candra saat masih di bangku sekolah dasar (SD) sudah menekuni dunia enterpreneur, dengan terus menempa dirinya menjadi seorang pengusaha, ia juga pernah menjadi tukang parkir dan kernet kondektur angkutan umum saat di masa perantauannya. 

"Setelah tamat sekolah, tahun 2024 saya mencoba untuk mengadu peruntungan di perantauan, Pekanbaru dan Palembang adalah bagian dari perjalanan hidup saya mengasah mental dan menempa diri untuk menjadi seorang pengusaha," ungkapnya.

Mengenai tentang dirinya maju di Pileg 2024 untuk DPR RI Dapil Jambi, ia mengungkapkan bahwa dirinya ingin berbuat lebih banyak untuk masyarakat Jambi, karena menurut Rocky jika dirinya di DPR RI banyak peluang untuk membawa program-program pusat yang bisa di bawa ke Jambi untuk kepentingan masyarakat.

"Banyak peluang program-program pusat nanti bisa kita dibawa ke Jambi untuk masyarakat, karna semangat kita adalah untuk berbuat baik kepada masyarakat sampai batas yang sejauh-jauhnya,"Tambah Rocky.


KISAH ROCKY CANDRA DARI TUKANG EMPEK-EMPEK MENJADI PERWAKILAN RAKYAT

Rocky Candra, putra Jambi keturunan Kerinci Minang ini adalah salah satu anak muda yang layak diteladani kisah perjalanan hidupnya oleh Gen Z, Milenial hingga lintas generasi. Mengapa tidak, sejak dibangku SD Rocky sudah menempa diri untuk menjadi seorang entrepreneur dengan berjualan Empek-empek keliling untuk membantu perekonomian orangtuanya. 

Minat usaha yang melekat pada dirinya ini juga berlanjut sampai di bangku SMP dengan berjualan berbagai hand craft seperti cenderamata dan alat musik gitar. Jati diri sebagai seorang entrepreneur juga tidak dilepas nya ketika berlanjut di bangku SMA PGRI 1 di Sungai Penuh-Kerinci, Rocky Candra juga bekerja sebagai pelayan restoran, buruh bangunan dan ia juga pernah menjadi kernet atau kondektur angkutan umum untuk mengasah kemampuan bisnisnya. 

Selesai mengenyam pendidikan di tanah kelahirannya, pemuda kelahiran 12 Mei 1987 ini, sejak tahun 2004 pergi merantau ke Pekanbaru Riau, Palembang hingga ke Tanah Jawa. Berbagai usaha telah digeluti Rocky untuk menempa dirinya, dari jadi tukang sate keliling, buruh angkut speaker organ, buruh di perusahaan kayu, hingga jadi tukang parkir dan supir angkot dimasa perantauannya.

Delapan tahun di perantauan sudah cukup baginya untuk memulai karier di Tanah Pilih Pusako Betuah Kota Jambi. Rocky mulai berkecimpung dalam usaha sawit, hingga transisi Rocky Candra berbuah manis ketika ada perusahaan yang mempercayakan sebagai Delivery Order (DO) sawitnya kepada seorang mantan tukang Empek-empek ini. Hingga sawit menjadi langkah awal dirinya untuk mencapai kesuksesan. Karena ditangan sosok pemuda yang pantang menyerah, omset sawit mengalami peningkatan yang drastis, Rocky Menyulap omset sawit hingga mendapat keuntungan ratusan juta hingga miliyaran rupiah. 


KACANG YANG TIDAK LUPA KULIT

Kesuksesan tidak membuat Rocky Jumawa (puas diri), dengan kisah kerasnya kehidupan yang ia jalani, Rocky memiliki impian untuk menularkan kepada pemuda dan masyarakat, salah satunya dengan terlibat dalam beberapa kepengurusan organisasi dan mengambil beberapa pemuda untuk berkerja di perusahaannya, sehingga banyak lahir para entrepreneur muda di Jambi berkat bimbingannya.

Pada tahun 2016, Rocky memutuskan ikut berkecimpung dalam dunia politik. Rocky Candra memulai karier politiknya sebagai ketua Pengurus Daerah Tunas Indonesia Raya (PD TIDAR) Provinsi Jambi, yang merupakan sayap partai Gerindra. Kesuksesan dirinya memimpin TIDAR di daerah membuat dirinya dipercaya menjadi Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat TIDAR periode 2022-2025. 

Karier politik yang dimulai oleh Rocky Candra dari TIDAR membawanya untuk masuk ke politik praktis dengan mencalonkan diri sebagai Cakon Legislatif DPRD Provinsi Jambi pada tahun 2019 dapil Kota Jambi. Rocky Candra terpilih sebagai anggota DPRD Provinsi Jambi dengan jumlah 16.203 suara dan merupakan suara tertinggi untuk dapil Kota Jambi. Dari perolehan suara yang tinggi, Rocky Candra dipercaya oleh ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk menjadi Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat.

Pada pencalonan pemilu 2024, Rocky Candra Kembali Ikut berkontestasi dalam pemilihan legislatif. Kali ini ia mencalonkan diri sebagai Calon Legislatif DPR-RI. Bahkan Rocky Candra merupakan salah satu kandidat kuat dari partai Gerindra dapil Provinsi Jambi.