Tugu Sulthan Thaha Dipugar, Akan Ada Tempat Moment Abadikan Foto Bagi Pejalan Kaki



Dokumentasi Kerisjambi.id

Kerisjambi.id-TEBO-Tugu Sultan Thaha Syaifuddin di Bundaran jalan kota Tebo Terletak di Kelurahan Muara Tebo, Kecamatan Tebo Tengah, Kabupaten Tebo, bakal disulap menjadi lebih indah.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tebo berharap perombakan tugu pahlawan ini demi menampilkan wajah kota Tebo agar terlihat lebih estetik (Indah dilihat).

Penjabat (Pj) Bupati Tebo Aspan menyebutkan, pembangunan ulang tugu tersebut supaya mempercantik kota Kabupaten Tebo. Dengan begitu ketika masyarakat luar kota melintas dapat mengetahui bahwa kota Tebo ada di Kelurahan Muara Tebo.

"Kita ingin tugu ini seperti tugu keris di Kota Jambi. dan tugu Sultan Thaha yang ada saat ini sedang diperbesar, nantinya akan menjadi ikon Tebo," kata Aspan.

Diketahui, pembangunan proyek revitalisasi tugu Sultan Thaha Syaifuddin ini bersumber dari APBD Tahun Anggaran 2023 dengan pagu anggaran sebesar Rp 4,4 miliar, dikerjakan oleh PT Puspita Sari dengan nilai kontrak Rp 4,3 miliar lebih, pada Dinas PUPR Tebo.

Sebelumnya tugu pahlawan ini dianggap tidak balance dari lebar jalan lintas sumatera, sehingga harus diperbesar dengan tampilan baru. 

Area tugu ini nanti bakal dihiasi dengan air mancur yang mengelilingi monumen patung pahlawan Jambi Sulthan Thaha, dan dihiasi lampu penerang, serta area untuk pejalan kaki yang dapat mengabadikan momen di tugu ini. 

Patung pahlawan yang semula rendah, kini bakal lebih tinggi dan dapat terlihat meskipun dari kejauhan.

Pantauan dilapangan proses pembangunannya masih terus berlanjut, namun, untuk filosofi tugu ini belum diketahui. Tetapi pastinya ada makna sejarah yang tersirat. 

Redaksi
Tags