KUNJUNGAN LAPANGAN BPSIP JAMBI KE UNIT USAHA PUPUK KOMPOS JAMBI CV. MUTIARA KASIH IBRU

Kerisjambi.id - Senin (28/08/2023) Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Jambi melalui Bapak Joko Supriyanto sebagai Kordinator Lapangan dan Mas Puspito Hasto Kuncoro, S.P Teknis Lapangan Kebun Standar BPSIP Jambi melaksanakan kegiatan kunjungan lapangan yang dalam hal ini untuk mengunjungi pelaku usaha pupuk kompos yang terdapat di Wilayah Provinsi Jambi, salah satu usaha pupuk kompos terbesar di Provinsi Jambi yang di kunjungi oleh Tim BPSIP Jambi adalah CV. Mutiara Kasih Ibru (ARASI) yang berada di Jl. Jambi Palembang Km. 38 Desa Ibru Kabupaten Muaro Jambi dan langsung di dampingi oleh Direktur CV. Mutiara Kasih Ibru, untuk CV. ARASI mampu menyediakan pupuk kompos 100 ton lebih perbulan dengan merek dagang GANIKBRU-Q dan sudah tersebar di beberapa daerah seperti Kabupaten/ Kota di Provinsi Jambi, Sumatra Selatan dan Pekan Baru.

Sama-sama kita ketahui bahwa Pembangunan pertanian memerlukan sebuah standar instrumen pertanian demi menjamin mutu dari proses dan produk hasil pertanian. Melalui salahsatunya Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) yang lahir pada 21 September 2022 melalui Peraturan Presiden Nomor 117 Tahun 2022 yang mana hasil dari transformasi Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP), BPSIP sendiri merupakan UPT BSIP yang melaksanakan penerapan dan diseminasi standar instrument pertanian spesifik lokasi dan memiliki tugas menyelenggarakan koordinasi, perumusan, penerapan, dan pemeliharaan, serta harmonisasi standar instrumen pertanian.

Melalui kunjungan Kerja Tim BPSIP Jambi ke pusat produksi pupuk kompos di CV. Mutiara Kasih Ibru (ARASI) ini diharapkan kedepannya mampu mendampingi penggerak/pengusaha pupuk kompos baik produksi sekala kecil dan besar dalam memberikan pelayanan publik untuk mempercepat penyelesaian dokumen standarisasi produk pupuk kompos di Wilayah Provinsi Jambi sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya BPSIP Jambi, agar dapat di manfaatkan oleh masyarakat dan petani secara luas ditengah maraknya peredaran pupuk di pasaran yang palsu (tiruan) dan harganya pun cukup tinggi sehingga dapat merugikan dan memberatkan petani dalam hal pemupukan/ memberikan unsur hara tambahan pada lahan budidaya petani yang kedepannya dapat berakibat buruk pada hasil produksi petani.

Pada kesempatan tersebut Tim BPSIP Jambi berpesan kepada pihak managemen CV. ARASI untuk dapat terus berupaya berinovasi konsisten dalam menjaga kualitas kemurnian pupuk dan kandungan unsur hara yang terkandung pada pupuk kompos produksi CV. Mutiara Kasih Ibru (ARASI) serta dapat melayani dan mendampingi petani sepenuh hati untuk terus dapat menggunakan pupuk kompos yang ramah lingkungan demi terjaganya kesehatan dan ekosistem mikroba tanah tetap terjaga tanpa tercemari lebihnya bahan-bahan kimia pada lahan budidaya petani yang secara terus menerus dapat merusak ekosistem tanah dan lingkungan secara besar-besaran.


Oleh : Ir. M. Anggoro Kasih, S.P