Sekda Sudirman Ucapkan Terima Kasih Kepada PPIH Provinsi Jambi

 

(Sumber Foto : Novriansyah)

Kerisjambi.id - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi H. Sudirman, SH, MH menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Provinsi Jambi, karena telah bersusah payah mengurus dan membimbing calon jemaah haji sampai menjadi haji dan akhirnya sampai pada fase puncak pelayanan jemaah, yang merupakan tantangan terbesar seluruh pelayanan haji yang dihadapi dalam memberikan layanan maksimal kepada seluruh jemaah haji Provinsi Jambi bahkan Indonesia. Demikian disampaikan Sekda saat menerima kedatangan jemaah haji Provinsi Jambi yang berasal dari Kabupaten Kerinci, Tebo dan Merangin kloter BTH 24, bertempat di Asrama Haji Kota Baru Jambi, Selasa (25/07/2023) malam.

"Alhamdulillah, atas nama Pemerintah Provinsi Jambi saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh petugas haji yang telah berkerja dengan baik, juga Kanwil Agama Provinsi Jambi berserta jajarannya yang sudah menfasilitasi jemaah dengan baik mulai dari pemberangkatan sampai pemulangan dengan selamat. Memang ada beberapa jemaah yang meninggal di tanah suci, itu merupakan takdir dan kehendak Allah yang tidak bisa kita hindari, dari keseluruhan yang meninggal mulai dari kloter 17 sampai kloter 24 berjumlah 12 orang keseluruhannya," ungkap Sekda Sudirman.

Dalam kesempatan ini Sekda Sudirman juga mengucapkan selamat kembali ke tanah air bagi para jemaah haji seraya mendoakan kiranya menjadi haji dan hajjah yang mabrur dan mabruroh. “Selamat datang para jemaah haji, semoga keberkahan untuk para jemaah yang telah tiba di tanah air. Alhamdulillah telah diberi label haji mabrur,” ucap Sekda Sudirman.

Sekda Sudirman mengatakan, jadi haji mabrur dapat diartikan sebagai haji yang mengantarkan seseorang menjadi hamba yang semakin jujur dan taat kepada Allah SWT. " Artinya hamba tersebut memiliki kepekaan sosial dengan kejujurannya dan kesalehan ritual dengan ketaatannya," kata Sekda Sudirman.

Selain itu Sekda Sudirman juga mendo’akan semua jemaah haji yang pulang mendapatkan haji yang mabrur. "Semoga jemaah haji yang pulang mendapatkan haji yang mabrur, dan juga jemaah haji yang pulang harus menjaga kesehatannya karena beradaptasi dan normalisasi sudah 40 hari di Mekkah. Sudah jelas suasana dan cuaca disana beda dengan kita di Jambi, apa lagi di Kerinci hawanya sejuk, untuk itu perlu menjaga kesehatan untuk beberapa hari ini menjelang adaptasi Kembali," ujar Sekda Sudirman.

"Kita bersyukur pada Allah, kita juga berterima kasih kepada petugas haji, para hajjah dan haji kita sehat, saya melihat raut wajahnya segar tidak lelah dan masih semangat, terlihat keceriaan dari wajah-wajah jemaah haji yang telah kembali menginjakkan kakinya di Jambi, terlebih setelah memasuki Asrama Haji ini, serasa sudah sampai dirumah masing-masing tapi masih bersabar. Sebentar lagi kita lepas berangkat ke Kabupaten Kerinci, Tebo dan Merangin,” tutur Sekda Sudirman.

"Kembali saya ucapkan terima kasih kepada seluruh petugas haji yang bertugas, mungkin masih ada kekurangan, insya Allah akan kita perbaiki dimasa mendatang baik petugas maupun sarana dan prasarana, insya Allah akan kita penuhi," pungkas Sekda Sudirman.

Sementara itu, Bupati Kerinci Adi Rozal dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jambi dan Kanwil Agama Provinsi Jambi yang telah membantu kelancaran jemaah haji, mulai dari berangkat sampai pulang kembali. "Juga kepada pendamping haji kami ucapkan terima kasih atas bantuannya sudah mendampingi jemaah haji asal Kabupaten Kerinci. Semoga bapak ibu menjadi haji yang mabrur dan bisa menjadi contoh dan tauladan sampai didaerah masing-masing nanti," ucap Adi Rozal.

Sementara itu juga, Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Haji Antara Provinsi Jambi, H. Zoztafia dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan kembali ketanah air dalam keadaan sehat-sehat semua. “Dan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja sama menyukseskan proses keberangkatan dan pemulangan jemaah haji Provinsi Jambi, baik dari Pemerintah Daerah Provinsi Jambi, Kanwil Agama Provinsi Jambi, TNI/POLRI, Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, KKP Kelas III Jambi, dan pemerintah kabupaten/kota se-Provinsi Jambi dan semua pihak yang telah membantu kelancaran jemaah haji tahun ini," ucap Zoztafia.

Pada kesempatan ini Bupati Kerinci Adi Rozal memimpin pembacaan do’a untuk mendo’akan jemaah haji yang meninggal di tanah suci dan mendo’akan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan ikhlas menerima cobaan ini.