Wagub Sani : Kecintaan Terhadap Ajaran Islam Membentuk Pribadi Berkarakter Mulia

 

(Sumber Foto : Sopbirin Lekat)
Kerisjambi.id - Wakil Gubernur Jambi Drs. H. Abdullah Sani,M.Pd.I menghadiri Khatam Al-Qur'an dan Wisuda Iqro’ serta Perpisahan Siswa Madrasah Ibtidaiyah dan Raudhatul Athfal Nurul Hidayah Jambi, bertempat di Terminal Lama Bandara Sts Jambi, Rabu, (24 Mei 2023). Hadir pada kesempatan tersebut Ketua Umum Pengurus Yayasan Nurul Hidayah Jambi, Kepala Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah Jambi, Kepala Raudhatul Athfal Nurul Hidayah Jambi dan pejabat dari instansi terkait.

Dalam sambutannya Wagub Sani menyampaikan bahwa Institusi pendidikan Islam memiliki peran penting dalam pendidikan ilmu agama, ilmu akhlak serta dalam penyebaran ilmu agama Islam di Indonesia dan menjadi salah satu tonggak kebangkitan dan kemajuan umat Islam yang memberikan pengaruh ilmu, perilaku, kecerdasan intelektual dan spiritual terhadap bangsa dan negara. 

“Institusi pendidikan Islam telah berkontribusi dalam pembangunan Indonesia. Institusi pendidikan agama dapat menjadi solusi dalam mencetak siswa-siswi yang memiliki akhlak mulia, yang berkompeten dalam pengabdiannya kepada agama, masyarakat dan negara. Atas nama pribadi, masyarakat dan Pemerintah Provinsi Jambi, saya menyambut baik Khatam Al-Qur'an, Wisuda Iqro’ serta Perpisahan Siswa Madrasah Ibtidaiah dan Raudhatul Athfal Nurul Hidayah Jambi,” ujar Wagub.

Dijelaskan Wagub bahwa kegiatan ini mengabadikan darma bakti Yayasan Nurul Hidayah Jambi terhadap dunia pendidikan Provinsi Jambi dalam meningkatkan minat baca Al-Qur’an masyarakat, terutama generasi muda Jambi. Dan melalui kegiatan ini, akan bersemi cendekia-cendekia Al-Qur’an di sepanjang bentangan wilayah Provinsi Jambi.

“Apresiasi yang tinggi saya sampaikan kepada Yayasan Nurul Hidayah Jambi yang turut berkontribusi meningkatkan kualitas sumber daya manusia Provinsi Jambi melalui penyelenggaraan pendidikan agama di Provinsi Jambi. Hal ini sejalan dengan visi Provinsi Jambi yaitu mewujudkan Jambi MANTAP (Maju, Aman, Nyaman, Tertib, Amanah, dan Profesional) di bawah ridho Allah SWT, dengan misi ke-3 yakni memantapkan kualitas sumber daya manusia dengan tujuan meningkatnya kualitas sumber daya manusia yang terdidik, sehat, berbudaya, agamis dan ber kesetaraan gender,” ucap Wagub.

“Saya juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kiai, Alim Ulama, serta para pengajar, ustadz dan ustadzah yang telah memajukan pendidikan di Provinsi Jambi dan telah mendidik para siswa yang berakhlakul karimah untuk menjadi calon-calon pemimpin negeri, calon entrepreneur (pengusaha) yang akan memajukan negeri Jambi. Saya berharap Yayasan Nurul Hidayah Jambi ini dapat terus meningkatkan kualitas, eksistensi dan kinerjanya dalam menciptakan insan-insan terdidik, cerdas dan memiliki mental tangguh yang berpegang teguh pada Al-Qur’an dan Al-Hadist,” lanjut Wagub.

Dalam kesempatan tersebut Wagub Sani juga menyatakan bahwa Wisuda Iqro’, Khatam Al-Qur’an serta perpisahan siswa ini, tentu bukan sekedar kegiatan seremonial semata. Ada pesan penting untuk siswa, orang tua, hingga masyarakat pada umumnya. “Bagi siswa dan siswi, saya berharap, momentum ini dapat dijadikan motivasi sekaligus apresiasi bagi mereka yang telah berusaha menghafal Al-Qur’an. Dengan menghafal, diharapkan hatinya semakin lembut, akalnya cerdas dan kecintaannya pada ajaran Islam tak tergoyahkan, sehingga ia menjadi pribadi berkarakter,” pungkas Wagub.