Kades Di Tebo Kerberatan PPDI Pungut Biaya RP 4 Juta Perorang Untuk Pelatihan Siskeudes


Dokumtesi Kerisjambi.id (Istimewa)

Kerisjambi.id-TEBO- Sejumlah Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Tebo Provinsi Jambi keberatan anggaran yang di keluarkan untuk kegiatan pelatihan sistem keuangan desa (Siskuedes) yang bakal di adakan di BW Luxury Hotel Jambi pada Kamis (23/2/2023) s/d Minggu (26/2/2023).

Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Tebo, saat ini menjabat Kades Teluk Kembang Jambu, Lukman Syahril melalui sambungan telepon, Rabu (22/2/2023) membenarkan tentang adanya pelatihan Siskeudes yang bakal dilaksanakan di salah satu hotel di Jambi.

Syahril menyebut, kegiatan yang di lakukan oleh persatuan perangkat desa Indonesia (PPDI) sebelumnya sudah menyampaikan pemberitahuan kepada dinas Pemerintahan masyarakat desa (PMD) untuk pelaksanaan pelatihan Siskeudes.

"Saya sendiri lanjut Syahril tidak setuju, makanya tidak mengirim perangkat desa nya lantaran pelatihan Siskeudes hampir tiap tahun dilakukan dengan anggaran tidak sedikit, apalagi tahun sebelumnya sudah pernah dilakukan di Lampung, "imbuhnya.

Selain itu Syahril menyebut, peserta yang mengikut pelatihan Siskeudes adalah Sekdes dan bendahara dengan anggaran Rp.4 juta/orang tambah uang saku, di akuinya keberatan, sementara rinciannya tidak ada dalam APBDes.

" Namun ungkap Syahril secara global memang di anggarkan melalui APBDes, tapi rincian anggaran untuk pelatihan itu tidak ada,"katanya singkat.

Keberatan juga disampaikan Desa lain yang mengirim dua orang perangkatnya, seperti Kades Teluk Kasai Rambahan Kecamatan,Tebo Ulu Baihaqi, seharusnya soal pelatihan Siskeudes di dudukkan dulu bersama sebelum di laksanakan, apalagi dengan biaya Rp.4 juta/orang, "keluhnya.

Desa lain yang bakal mengikuti kegiatan pelatihan Siskeudes adalah Desa Bedaro Rampak Kec Tebo Tengah, "ya Sekdes dan bendahara berangkat, Kamis besok baru Registrasi sedangkan mulainya hari Jum'at, "jelas Sekdes Bedaro Rampak Atle Kurniawan via sambung telpon.

Sementara itu Plt Kadis PMD Tebo, A Malik di yang saat tengah berada di Jakarta saat di hubungi melalui pesan singkat WhatsApp mengatakan pelatihan Siskeudes adalah program organisasi perangkat desa/PPDI,"tulisnya singkat.

Penulis : Sobirin