Soal Anggaran Desa Pemekaran Ini kata PJ Bupati Tebo

 

PJ Bupati Tebo H.Aspan, ST
Kerisjambi.id | TEBO-Lima belas Kepala Desa (Kades) pemekaran dapat pembekalan, pasalnya dalam waktu dekat 15 Pj Kades akan dilantik untuk mensinkronkan desa induk dan pemekaran, "ujar Pj Bupati Tebo H Aspan, Kamis (05/01/23) saat di pendopo Rumah Dinas.

Saat ditanya berkaitan dengan anggaran Aspan mengungkapkan 15 desa pemekaran, mengacu ke Permendagri nomor 1, ada 30 persen dari Desa induk, setelah dibahas mengalami kendala dan ternyata dalam Permendagri anggaran tersebut diperuntukkan untuk Desa persiapan.

Sementara itu 15 pemekaran sudah resmi menjadi Desa (Depinitif), terkait hal ini jelas Aspan, akan dikonsultasikan dengan Mendagri boleh tidaknya anggaran disediakan dari desa induk.

"Kemarin pemekaran Desa ini setelah bulan September dan APBN sudah di tetapkan, 15 Desa baru mekar di bulan Oktober, jadi alokasi anggaran ini di tahun 2023 belum ada, tapi di 2024 sudah dipastikan ada," Jelas Aspan.

Tadinya kata Aspan, kita berasumsi dalam Permendagri dikatakan disuport desa induk sebesar 30 persen, ternyata untuk persiapan Desa induk, sementara 15 desa ini sudah definitif dan diperlukan kejelasan tertulis dari Permendagri.

"Maka sambung Aspan, minggu depan, PMD, Inspektorat dan bagian Hukum akan konsultasi dengan Mendagri terkait pembiayaan 15 desa pemekaran yang sudah definitif," pungkasnya.


Penulis : Sobirin