Aspan Resmi Lantik Pjs Kades Giri Mulyo, Rimbo Ilir

PJ Bupati Tebo H Aspan ST saat melantik (Istimewa)

Kerisjambi.id-TEBO - PJ Bupati Tebo, H.Aspan ST resmi melantik PJs Kades Giri Mulyo Kecamatan Rimbo Ilir, Kabupaten Tebo Suryanto Kamis (12/1/2023).

Untuk diketahui, Desa Giri Mulyo menjadi desa yang ke enam yang sudah dilantik oleh PJ Bupati Tebo. Selanjutnya ada 9 desa lagi yang nantinya memperoleh giliran dilantik oleh PJ Bupati Tebo.

Aspan mengatakan saat ini Desa Giri Mulyo Sudah menjadi Desa Depinitif untuk anggaran Setiap Desa baru akan ada alokasi dari Pemerintah Provinsi Jambi sebesar Rp 100 juta. "Untuk 15 desa pemekaran masing-masing mendapat 100 juta dari provinsi," kata Aspan meyakini.

namun begitu Pemkab tidak tutup mata dan bakal mengupayakan alokasi anggaran pada perubahan. 

"Mudah-mudahan kalo anggarannya mencukupi semua kebagian. Ini melihat kemampuan daerah juga untuk mensupport seluruh kebutuhan desa," jelas Aspan.

Tadinya Aspan berharap, ada bantuan dana dari desa induk sebesar 30 persen dari dana desa. Namun lanjut Aspan, hal itu tidak bisa dilakukan, mengingat APBN telah lebih dulu di sah kan.

" APBN di sah kan bulan September, sementara desa pemekaran disetujui oleh Kemendagri bulan Oktober, 2022 lalu" terang Aspan.

Kedepan Aspan meminta kepada Desa- Desa baru agar roda pemerintahan tetap dilaksankan sesuai aturan yang telah berlaku.

"Diatur semuanya mulai dari administrasi induk, kelembagaan, maupun perangkat desanya. Soal perubahan domisili, itu sudah otomatis tinggal nanti pemerintah desa menyerahkan data penduduknya ke Capil," pintanya.

Penulis : Sobirin