Tim Pro-IDe Ormawa UKM Catur Unja Sukses Lakukan Pelatihan Penerepan Teknologi Pertanian dalam Pengolahan Limbah Pertanian bersama Masyarakat dan Kelompok Tani Desa Sinar Wajo



Kerisjambi.id-Jambi-Program Inovasi Desa (Pro-IDe) Desa Sinar Wajo merupakan program yang digerakkan oleh tim Pro-IDe Ormawa Universitas Jambi yaitu UKM catur (UNJA) tahun 2022 dengan dosen pembimbing lapangan Lisani, S.TP., M.P. Program yang beranggotakan 11 orang dan diketuai oleh Muhammad Dimas Mufasir, memilih Desa Sinar Wajo, Kec.Mendahara Ulu, Kab.Tanjung Jabung Timur sebagai realisasi program dilatar belakangi dengan alasan potensi desa yang mayoritas masyarakatnya petani tanaman perkebunan, oleh karena itulah timbul inovasi pertanian terintegrasi antara penerapan teknologi pertanian dalam pengolahan limbah hasil pertanian masyarakat.


Muhammad Dima Mufasir selaku ketua mengungkapkan bahwa penerapan teknologi pertanian dalam pengolahan limbah hasil pertanian yaitu Pembuatan Limbah Sabut Kelapa Menjadi Biobriket, Pembuatan POC dari limbah batang pisang, Pembuatan Pakan ternak dari pelepah sawit, merupakan sebuah invasi yang bagus dalam pengolahan limbah yang ada pada desa Sinar Wajo.


Tujuan kami melakukan pengolahan limbah pertanian di desa sinar wajo dalam rangka Program Inovasi Desa (Proide) sebagai mana kita ketahui limbah dapat menimbulkan polusi dan tidak baik untuk kesehatan, dan di sini kami mencoba untuk berinovasi dalam pengolahan limbah di desa Sinar Wajo yaitu dengan menerapkan teknologi dalam pengolahan limbah pertanian tersebut.


Team Proide Desa Sinar Wajo mengadakan pelatihan bersama pemerintahan desa, Masyarakat Desa Sinar Wajo, kelompok tani, ibu-ibu PKK Desa Sinar Wajo, pemuda/i desa sinar wajo, untuk mempraktikkan cara pembuatan Briket dari sabut kelapa, POC dari Batang pisang dan pakan ternak dari pelepah sawit dengan sistem penerapan teknologi pertanian. Diselenggarakan sosialisasi dan pelatihan ini diharapkan bermanfaat dan dapat diterapkan oleh kelompok tani dan masyarakat di Desa Sinar Wajo.


Kegiatan Tim Pro-Ide Desa Sinar Wajo Ormawa UKM Catur UNJA selain berfokus pada program kerja tim juga ikut berkontribusi dalam beberapa kegiatan desa seperti  mengikuti kegiatan yasinan, pemilihan kepala desa, gotong royong, Maulid Nabi SAW,rapat desa, dan lain-lain. Semoga program yang direalisasikan ini dapat terus berjalan dan berkelanjutan sehingga dapat membantu meningkatkan perekonomian lokal masyarakat.