HMI KOMISARIAT PERTANIAN DAN KOHATI HMI KOMISARIAT PERTANIAN UNJA, GELAR PELATIHAN ADM. KESEKRETARIATAN (PELITA)



 Pengurus HMI dan Kohati HMI Komisariat Pertanian UNJA, melaksanakan kegiatan yang diberi nama “Pelatihan Administrasi dan kesekretariatan (PELITA)”, dengan tema yang diangkat yaitu “Mewujudkan generasi organisatoris yang tertib administrasi dan kesekretariatan menuju anggota HMI yang berkualitas”. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Dinas Perkebunan Provinsi Jambi, Minggu (06/11/2022).

Ketua Umum Kohati HMI Komisariat Pertanian, Syarifah Tuti Alawiyah dalam sambutannya mengatakan bahwa Perihal ADM dan kesekretariatan bukanlah sesuatu yang remeh namun sering luput dari perhatian sehingga masih sering sekali ditemukan kesalahan" maka dirasa perlu kita sadari kembali bahwa dua hal tersebut merupakan kebutuhan yang sangat penting untuk sama-sama kita pahami sebagai orang yang berorganisasi terlebih sebagai kader HMI. 

“Alhamdulillah kita di HMI sudah memiliki pedoman tersendiri mengenai hal ini, sudah dipermudah dengan adanya aturan baku, tinggal bagaimana kitanya lagi mau atau tidak untuk bisa memahami serta mengimplementasikannya dalam aktivitas-aktivitas berorganisasi di HMI. Saya berharap mudah-mudahan dengan diselenggarakannya pelatihan ini dapat menambah wawasan dan kemampuan para peserta sehingga kedepan dapat meminimalisir adanya kesalahan-kesalahan dalam pembuatan surat maupun perihal administrasi yang lainnya”, Tuturnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Ketua Umum HMI Komisariat Pertanian UNJA, Ramaidin Rambe, Kegiatan ini diadakan berkolaborasi dengan kohati komisariat pertanian yang sama-sama menganggap, Kegiatan semacam ini adalah sangat penting bagi organisasi sebesar HMI ,saya menganggap ADM bukan hanya sebatas penting bagi HMI tapi juga telah menjadi salah satu identitas HMI itu sendiri sebagai organisasi yang taat dengan administrasi. Kegiatan ini juga merupakan salah satu momentum silaturahmi antar kader HMI secabang Jambi. 

Sementara itu,  Sekretaris umum HMI Cabang Jambi, Kanda Ogi Candra, selaku Narasumber PELITA mengatakan bahwa Kegiatan yang dilaksanakan oleh HMI Komisariat pertanian UNJA merupakan suatu kegiatan yang penting untuk dilaksanakan. Karena di dalam pelaksaan administrasi dan kesekretariatan masih terdapat beberapa kesalahan yang terjadi sehingga kegiatan ini sangat penting untuk dilaksanakan agar tidak terjadi lagi kesalahan yang berulang.

“Administrasi merupakan segenap penyelenggaraan setiap usaha kerjasama manusia mencapai tujuan tertentu. Untuk tercapainya tujuan dan terselenggaranya administrasi yang baik, diperlukan proses yang tertib. Dalam pelaksaannya administrasi merupakan suatu hal yang penting sehingga wajib untuk diketahui setiap kader HMI. Administrasi tidak hanya dipahami secara teori akan tetapi juga harus diterapkan dengan praktiknya. Oleh karena itu kegiatan kali ini langsung mempraktikkan proses pembuatan surat resmi HMI dari awal.”, Ujarnya.

Kegiatan Ini dihadiri oleh kader HMI ruang lingkup cabang Jambi. Kegiatan PELITA ini memiliki beberapa rangkaian kegiatan yang dimulai dari Pembukaan, Penyampaian materi, pelatihan pembuatan surat, Tanya jawab hingga Penutupan.