FAKULTAS PERTANIAN UNJA GELAR SOSIALISASI ALAT BIOCHAR “PIROLISIS DRUM”

 


Kerisjambi.id - Program pengabdian Perguruan Tinggi di Desa Ibru semakin menguat seiring waktu komitmen Universitas Jambi terkhusus Fakultas Pertanian dalam rangka penguatan kerjasama (MoU) antara Fakultas Pertanian dengan Desa Ibru untuk menjalankan program pengabdian masyarakat sesuai dengan tri darma perguruan tinggi. Pada senin (15/08/2022) dosen fakultas pertanian yang di ketua oleh Dr. Ir.Wiskandar, M.P bersama tim pengabdian Dr. Ir. Ajidirman, M.P, Ir. Zurhalena, M.P, dan Dr. Ir. H. Heri Junedi, M.Si.

Dr. Ir.Wiskandar, M.P bersama tim melaksanakan sosialisasi pengabdian tentang penggunaan Biochar dengan memanfaatkan limbah untuk pengembangan budidaya pertanian. Bertempat di balai Desa Ibru yang di hadiri pemerintah Desa Ibru, perwakilan 2 (dua) RT, KWT dan kelompok tani.

BIOCHAR adalah bahan padat kaya karbon hasil konversi dari limbah organik (biomas pertanian) melalui pembakaran tidak sempurna atau suplai oksigen terbatas (pyrolysis). Pembakaran tidak sempurna dapat dilakukan dengan alat pembakaran yang di beri nama pirolisis drum ciptaan Dr. Ir. Ajidirman, M.P dan Dr. Ir. Wiskandar, M.P bersama tim. Suhu yang digunakan lebih kurang 250-500 oC selama 1 – 3,5 jam, bergantung pada jenis biomas.  Potensi bahan baku biochar tergolong melimpah yaitu berupa limbah sisa pertanian yang sulit terdekomposisi atau dengan rasio C/N tinggi

Di Indonesia, potensi penggunaan biochar sangat besar mengingat bahan bakunya seperti tempurung kelapa, sekam padi, pelepah sawit, tempurung kelapa sawit, tongkol jagung, kotoran sapi dan bahan lain yang sejenis, yang banyak tersedia.

Di sela akhir kegiatan, pemateri (Dr. Ir. Ajidirman, M.P) juga memberikan suport kepada BUMDesa Suka Makmur Desa Ibru untuk membuat alat yang lebih besar sebagai unit usaha baru dalam penyediaan limbah arang di Provinsi Jambi mengingat Desa Ibru memiliki potensi perusahaan penghasil limbah seperti limbah kandang ayam, serbuk kayu, kayu sisa pengolahan palet dan triplek yang dapat di jadikan sebagai biochar. Kemudian juga kepala Desa Ibru (Datuk Arman) mengucapkan terimakasih kepada seluruh tim dosen dalam memberikan bantuan alat dan bimbingan dalam rangka peningkatan kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat dalam pengolahan limbah untuk membantu masyarakat dalam penyediaan pupuk atau bahan pembenah tanah di lahan petani.


Oleh : Ir. M. Anggoro Kasih, S.P

Dir. BUMDesa Suka Makmur