Komunitas Sahabat Pelosok Adakan Pengabdian Di Dusun Nunusan

kerisjambi.id - Salah satu Organisasi Komunitas Sahabat Pelosok Negeri atau SPN mengadakan kegiatan pengabdian di suku talang mamak dan melayu tua didusun nunusan. kegiatan ini didukung oleh pemerintahan desa setempat dan juga pihak dari taman nasional bukit Tiga puluh atau Tnbt. 

Kawasan hutan yang dikelola oleh Pihak Tnbt ini masih sangat lestari dan terjaga dengan baik Hal ini terlihat dari udara yang masih segar dan sejuk pepohonan yang rindang dan asri Hal ini juga yang menjadi salah satu faktor penting pengabdian ini dapat berjalan dengan baik dan maksimal.

Pengabdian di dusun Nunusan ini berhasil di laksanakan mulai tanggal 11 - 17 Juni 2022.

Dalam pengabdian kali ini SPN menjalankan tiga fokus program yaitu Kesehatan, Pendidikan, dan Sosial Masyarakat. Adapun relawan yang tergabung dalam pengabdian ini berasal dari beberapa daerah dari seluruh Indonesia. Seperti Jambi , Sumut, Pekan Baru dan Tidak hanya itu, PIN juga membawa relawan lokal dari Dusun nunusan.

Adapun kegiatan yang di laksanakan oleh para relawan SPN  adalah Kelas Inspirasi, Penanaman bibit mangga, pemberian vitamin kepada anak-anak , sekolah alam, renovasi sekolah, pembuatan gapura selamat datang dan mengenal adat istiadat masyarakat suku talang mamak dan masih banyak program lainnya.

Semoga program yang telah di laksanakan oleh SPN ini bisa  berkelanjutan, sesuai dengan Jargon SPN yaitu “Sedikit Kebaikan Untuk Kebahagiaan” kami juga berkesempatan ikut berkontribusi dalam penyaluran program kebaikan tebar hewan qurban bersama ustad abdul somad untuk dusun nunusan sebanyak 2 ekor kambing”

pungkas Jumari.SE selaku Ketua Sahabat Pelosok Negeri.

“Berbuat baik dapat menyuntikkan kegembiraan sepanjang Hari, Berbuat baik dapat membuat kita lebih banyak melihat keindahan dan kebaikan dunia ” ucap Ulvi Monica Aulia salah satu relawan sahabat pelosok negeri.

Helmi warsono selaku sekretaris desa Rantau Langsat yang dalam Hal ini mewakili pemerintahan desa rantau langsat sangat mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh SPN ini.

“Terima kasih rekan-rekan SPN yang telah berbagi untuk kemajuan desa kami khususnya Dusun Nunusan kami berharap akan ada lagi kegiatan pengabdian yang lainnya di desa kami karena kegiatan tersebut sangat mengedukasi kami masyarakat khusus nya Dusun Nunusan” ucap Helmi pada saat audiensi pertama kali.

Antusias wargapun sangat baik, mulai dari anak anak kecil, remaja, hingga orang dewasa. Terlihat saat dari awal kedatangan sampai kepulangan para relawan warga berbondong bondong untuk menyambut dan mengantar para relawan.

Dalam penutupan kegiatan ini, warga dan para relawan bersama sama menyantap kue sida yang telah dibuat bersama-sama siang hari nya.


Penulis : Ulvi Monica Aulia