Cara Evaluasi Kualitas Pakan Ternak

Foto : Analisis Kadar Lemak (Analisis Proksimat) 


 Oleh : 

Andri Septiawan (Mahasiswa Pascasarjana IPB) 


Evaluasi pakan merupakan kunci utama dalam penyusunan ransum untuk pakan ternak, dengan kita mampu menyusun ransum sesuai dengan kebutuhan komposisi nilai nutrisi pakan ternak secara ideal akan menghasilkan pakan yang berkualitas baik itu untuk ruminansia, ruminansia kecil maupun untuk unggas. 


Komposisi pakan sangatlah penting bagi ternak karena beda pakan beda pula kandungan nutrisinya bahkan satu jenis pakan pun bisa berbeda kandungan nutrisinya. Jika komposisi ransum yang kita buat tidak sesuai dengan kebutuhan ternak maka akan berdampak buruk untuk peternak yang menyebabkan kerugian, maka dari pada itu evaluasi pakan sangatlah mempengaruhi keberhasilan dalam dunia peternakan. Manfaat dari evaluasi pakan ialah kita akan mendapatkan informasi data lengkap dari kualitas pakan tersebut, sehingga atas dasar data itulah kita mampu merumuskan  komposisi berkualitas untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ternak


Ada beberapa metode yang digunakan untuk evaluasi kualitas bahan pakan

• Evaluasi Secara Fisik

Evaluasi pakan secara fisik akan memberikan informasi awal tentang kualitas bahan pakan, yang diamati adalah warna, bau, tekstur dan campuran lain seperti partikel batu, plastik besi serta kepadatan massa (BJ) 


• Evaluasi Kimia

Dalam uji kimia dikelompokkan menjadi dua kelompok, pertama uji kuantitass yaitu dengan metode analisis proksimat, metode analisis Pansus dan metode analisis energi. keduanya uji kualitas yaitu dengan metode rapid test. 

Seiring dengan perkembangan teknologi, evaluasi kimia sudah dikembangkan sehingga bisa diuji secara cepat. analisis proksimat misalnya dengan proses yang panjang untuk menyelesaikannya tapi sekarang perusahaan-perusahaan sudah menggunakan mesin Rico dengan hanya memasukkan sampel saja kemudian kita akan mengetahui hasil yang akan kita uji tanpa melalui proses panjang lagi seperti analisis proksimat. 

Kemudian menggunakan metode NIRS, yang merupakan salah satu teknik evaluasi dengan bahan yang sedikit menggunakan Sinar inframerah


• Evaluasi Biologi

Evaluasi ini agar kita bisa mengetahui respon dari ternak atas apa perlakuan atau metode yang kita terapkan. hal ini sangat penting karena dengan evaluasi ini kita akan mengetahui seberapa efektif/efisien kah metode pemberian pakan ataupun penyusunan ransum yang kita berikan terhadap ternak. Salah satu hasil yang kita temukan setelah evaluasi secara biologi kita akan melihat kesesuaian ataupun kesukaan (Palatabilitas) dari ransum yang kita susun untuk ternak. Adapun beberapa metode yang di gunakan ialah metode In Vitro, In Sacco, In Vivo. 

Tags