Kordinator Daerah PTM 3 Banten Menyayangkan Ucapan Kemenag

 

Kerisjambi.id - Kementerian Agama (Kemenag) telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 5 Tahun 2022 mengenai pedoman penggunaan pengeras suara di masjid dan mushala. Dalam surat ini diatur penggunaan waktu dan kekuatan dari pengeras suara di masjid dan mushola.(24/2/22) 

Surat edaran itu dikeluarkan dengan tujuan agar tidak ada umat agama lain yang terganggu dalam hal pengeras suara. 

Menag Yaqut Cholil Qoumas saat ditemui media usai acara temu tokoh agama se Provinsi Riau di Pekanbaru, Rabu 23-02-2022).

Gilang purnama selaku Kordinator Daerah Banten BEM PTM Zona 3 mempertanyakan kapabilitas Yaqut Cholil Qoumas sebagai Mentri Agama.

"Menurut saya statment dari Kemenag selalu kontroversi yang di mana hanya akan membuat kegaduhan dalam bermasyarakat. Contoh pasca pelantikan Kemenag beliau mengatakan bahwasanya Kemenag hadiah untuk NU bukan untuk agama Islam yang dimana notabenenya sosok Kemenag harus bisa berbicara lebih cermat lagi ketika mengeluarkan statment publik," ujarnya

Gilang pun menambahkan bahwasanya, sedang banyak diperbincangkan ini Kemenag memisalkan suara azan dan suara gonggongan hewan yang seharusnya bisa diungkapkan dengan hal yang lainnya sehingga tidak menimbulkan perkara yang ramai. 

"Yang dimana kebisingan dari suara pengeras suara tidak menyeluruh mengganggu karena tidak bisa di sama ratakan pemukim padat penduduk dan pemukiman pedesaan, selain itu azan pun sudah sangat jelas syiar agama Islam," tambahnya

"Terakhir untuk bapak Presiden RI Joko Widodo seharusnya bisa melihat kapabilitas seorang Menteri Agama yang seharusnya tidak hanya menciptakan resistensi dan kekacauan saja," tutup Gilang yang juga sebagai presiden mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Mutu Muhammadiyah Tangerang.