Pengaruh musik terhadap psikologis seseorang

 



KerisJambi.id - Musik adalah nada atau suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung Ritme, lagu, dan keharmonisan. Musik terdiri dari beberapa unsur, yaitu melodi, harmoni, ritme, dan timbre. Musik termasuk sejenis fenomena intuisi, untuk mencipta, memperbaiki, dan mempersembahkannya dalam suatu bentuk seni.

Yang akan kita bahas disini apakah sebuah musik dapat mempengaruhi psikologi seseorang ?

jawaban nya tentu saja bisa, Karna ketika telinga pendengar mendapatkan rangsangan musik favorit, hal itu akan meningkatkan aliran darah, memperbaiki suasana hati, mengurangi rasa sakit, dan mereduksi stres.

menurut adam wisnu syahputra (musisi), "mendengar atau memainkan musik,nada,dan ritme dapat memberikan dampak emosional terhadap pendengar,Contohnya, musik yang sedih dapat membuat pendengar merasa sedih, sementara musik yang riang dapat meningkatkan suasana hati".

musik juga terbukti dapat menolong seseorang dalam meredakan stress terutama pada musik yang bertujuan untuk meditasi, menenangkan pikiran dan mendorong relaksi. Bahkan, musik mampu mengatur hormon-hormon yang mempengaruhi stres seseorang, serta mampu meningkatkan daya ingat.

Musik dan kesehatan memiliki kaitan erat dan tidak diragukan bahwa dengan mendengarkan musik kesukaannya seseorang akan mampu terbawa ke dalam suasana hati yang baik dalam waktu singkat.


Penulis : M. Fikri