Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Kantor bahasa Provinsi Jambi kembali menggelar Pemilihan Duta Bahasa Tahun 2024.

Kerisjambi.id - Jumlah peserta yang mendaftar tahun ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Hal ini mencerminkan semakin meningkatnya minat generasi muda terhadap upaya pelestarian dan penggunaan bahasa Indonesia.

Rangkaian pemilihan Duta Bahasa Provinsi Jambi tahun 2024 dilakukan melalui beberapa tahapan, dimulai dengan pendaftaran yang dibuka dari 5 Februari hingga malam penganugerahan yang akan dilaksanakan 18 Mei mendatang. Dalam pelaksanaan proses seleksi, Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Jambi tahun 2024 sudah melalui tahap seleksi dokumen dan tulisan peserta. Saat ini proses seleksi sudah memasuki tahap semifinalis. Sebanyak 60 peserta akan diuji lebih lanjut dalam kemampuan wicara publik, wawasan kebahasaan, dan Uji Kemahiran Bahasa Indonesia.

Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Jambi merupakan suatu wadah untuk mencari potensi generasi muda di provinsi Jambi sebagai mitra kerja kantor bahasa Provinsi Jambi di bawah Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa serta Unit Pelaksanaan Teknis dalam pengutamaan bahasa Indonesia sebagai upaya untuk memperkuat identitas.

Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Jambi bukan sekadar kompetisi, melainkan wadah untuk membangun kesadaran generasi muda tentang pentingnya pengutamaan bahasa Indonesia, pelestarian bahasa daerah, serta peningkatan kemampuan berbahasa asing. Melalui peran Duta Bahasa, para pemenang nantinya dapat menginspirasi dan membangun kesadaran masyarakat dalam upaya memasyarakatkan pengutamaan bahasa Indonesia dan pelestarian bahasa daerah, terkhususnya di Provinsi Jambi.

Kepala Kantor Bahasa Provinsi Jambi, Dr. Adi Budiwiyanto, M.Hum. berharap pemilihan ini akan meningkatkan peran generasi muda dalam upaya penguatan dan pengenalan trigatra bangun bahasa di masyarakat.

"Semoga pemilihan ini akan menambah jumlah generasi muda yang peduli terhadap pengutamaan penggunaan bahasa Indonesia, pelestarian bahasa daerah, dan penguasaan bahasa asing." ujarnya disela proses seleksi Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Jambi tahun 2024