UNJA Agribisnis Discussion Forum, “ Revitalisasi Program Pembangunan Agribisnis menuju Sumber Daya Manusia yang Handal berbasis Enterpreneurship


kerisjambi.id-Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Jambi (UNJA) Kembali melaksanakan kegiatan “Agribusiness Discussion Forum” seri-1 tahun 2023. Kegiatan yang mengangkat tema “ Revitalisasi Program Pembangunan Agribisnis menuju Sumber Daya Manusia yang Handal berbasis Enterpreneursip ”. Kegiatan kali ini dilaksanakan di Aula Wiltop Hotel Jambi pada Selasa (27/06/2023). 

Agribusiness Discussion Forum sendiri merupakan forum diskusi ilmiah yang secara rutin dilaksanakan oleh Prodi Agribisnis Faperta UNJA. Pelaksanaan pada kali ini merupakan seri-1 di tahun 2023. Kegiatan tersebut dibuka langsung rektor Universitas Jambi yang dalam hal ini di wakili oleh Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni Bapak Dr.Ir.Tedja Kaswari, M.Sc. Kegiatan tersebut di hadiri oleh peserta yang terdiri dari pimpinan fakultas, jurusan, prodi, mahasiswa Faperta UNJA serta OPD terkait yang ada di Jambi. 

Dalam diskusi seri-1 2023 ini program studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Jambi (UNJA) berhasil menghadirkan Narasumber Dr. Sonny Harry B.H Selaku Ketua Umum Koalisi Kependudukan (KKI) yang mengkaji tentang Kependudukan dan Pembangunan Agribisnis. 

Dalam pemaparannya beliau menekankan untuk mengatasi tantangan perubahan demografi secara global perlu adanya strategi yang mumpuni dalam menghadapi perubahan global agar ketahanan pangan khususnya terus tercukupi. Dilanjutkan Muhammad Irzal, S.E, M.E selaku Ketua Perwakilan BKKBN Sumatra Utara juga mendukung agar kampus sebagai wadah pembelajaran dan pembentukan karakter lebih mengkaji lagi terkait kurikulum yang harapannya mampu melahirkan Sumberdaya Manusia yang berkualitas dan berdaya saing karena dalam perubahan demografi ini pembangunan sumberdaya Manusia menjadi fokus utama yang berperan penting mengatasi tantangan global tersebut.

Narasumber tersebut di pandu langsung oleh Dosen program studi agribisnis sekaligus Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Fuad Muhclis, S.P, M.Si. Dr. Mirawati Yanita, S.P, M.M selaku Ketua jurusan menyampaikan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk komitmen dari jurusan agribisnis untuk terus mengkaji dan berdiskusi terkait masalah nasional ataupun internasional yang relevan dengan pertanian dan agribisnis. Serta beliau juga berharap bahwa kegiatan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh mahasiswa ataupun dosen agar lebih menyesuaikan dan menentukan fokus kedepan untuk menyelesaikan permasalahan permasalahan yang ada.

Beliau juga menekankan kepada mahasiswa untuk terus meningkatkan kemampuan sesuai minat dan keahlian mahasiswa yang dalam hal ini di wadahi Miseta ( Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian) Faperta Unja agar menfasilitasi terkait kebutuhan mahasiswa dalam pengembangan sofskil serta kemampuan ledearship dalam bidang akademis, sosial ekonomi dan pertanian.

Jurusan juga akan terus mendukung program Miseta selaku satu satunya Himpunan di Jurusan Agribisnis yang berdampak positif dalam melahirkan lulusan agribisnis yang berdaya saing.

HF-