Tebo Urutan Terendah MTQ Tingkat Provinsi, Aspan; Kurangnya Pengelolaan Dengan Baik

Pemkab Tebo Saat Rapat Persiapan MTQ 


Kerisjambi.id-TEBO- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tebo  melaksanakan rapat persiapan Musabaqa Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten yang ke 19 di Kecamatan Rimbo Ilir yang direncanakan pada tanggal 4-7 Mei 2023 mendatang.

Dalam rapat tersebut Penjabat (Pj) Bupati  Tebo Aspan, menyinggung soal prestasi yang diperoleh Kabupaten Tebo pada MTQ tingkat Provinsi di Kabupaten Kerinci jauh yang diharapkan.

"Kabupaten Tebo berada pada urutan ke 9 dari 11 Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi" ungkap Aspan Sabtu (26/3/2023).

Melalui rapat MTQ tingkat Kabupaten Aspan menekankan untuk melakukan pembenahan pada MTQ tingkat Provinsi yang direncanakan akan dilaksanakan di Kabupaten Sarolangun.

Menurutnya, Tebo punya potensi cukup baik, ini dibuktikan daerah yang mendapatkan juara, kafilanya berasal dari Kabupaten Tebo.

"Kita ketahui Tebo ini Kota ulama, kita tahu ulama di kota Jambi seberang dari Kabupaten Tebo," ucap Aspan.

Lebih lanjut, Aspan meyakini bahwa potensi yang ada di Kabupaten Tebo selama ini tidak dikelola dengan baik. 

Aspan meminta kepada pejabat pengelola MTQ supaya betul-betul mengambil langkah dengan baik.

berkaitan dengan hijrahnya kafila Tebo ketempat lain, karena kesejahteraan lumayan baik ditempat lain, Aspan menyebut Pemerintah Kabupaten Tebo cukup banyak menyiapkan anggaran untuk itu, hanya saja mungkin penggunaan tidak tepat sasaran.

"Saya sudah evaluasi, mulai dari MTQ tingkat kecamatan sampai ke pengiriman kafila ke provinsi ada sekitar Rp5.200.000.000 (lima Miliar Dua Ratus Juta Rupiah) yang disiapkan oleh Pemkab Tebo," ungkapnya.

Menurut Aspan jika anggaran sebanyak itu dikelola dengan baik, potensi yang ada dimanfaatkan dengan baik, maka Kabupaten Tebo mendapatkan peringkat yang baik.

"Saya sudah tegaskan kepada pejabat pengelola MTQ tingkat Provinsi yang direncanakan di Kabupaten Sarolangun pada Agustus mendatang Kabupaten Tebo minimal masuk 5 besar jika target ini tidak tercapai maka pejabat yang mengelola  MTQ akan dilakukan evaluasi," Pungkas Aspan.

Penulis : Sobirin
Tags