DESA IBRU UTUS PESERTA PELATIHAN DESA WISATA BALAI PPMDDTT BENGKULU

 


Kerisjambi.id -  Desa Ibru utus peserta dalam  pelatihan desa wisata yang diadakan oleh Balai Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat  Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Bengkulu (PPMDDTT) mengadakan pelatihan Desa Wisata yang berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Muaro Jambi yang dilaksanakan di Aula Dinas pemberdayaan Masyarakat Desa, Muaro Jambi, (26/10).

Pemerintah dalam hal ini Dr. (HC) Drs. A. Halim Iskandar, M.pd Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) RI menegaskan “desa wisata merupakan ujung tombak pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi. Mengingat pentingnya hal tersebut maka Kemendes PDTT RI melalui Balai PPMDDTT Bengkulu terus melakukan upaya pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan mengadakan pelatihan desa wisata yang terukur dan terstruktur”

melalui surat nomor B-261/SDM.04.02/X/2022 berkerjasama dengan Dinas PMD Kabupaten Muaro Jambi mengundang 10 (sepuluh) desa dari 150 desa yang ada di Kabupaten Muaro Jambi untuk mengikuti kegiatan pelatihan desa wisata angkatan ke V (lima) terhitung mulai dari tanggal 24 – 28 Oktober 2022, salah satu dari 10 (sepuluh) desa yang masuk dalam undangan tersebut adalah Desa Ibru yang terletak di Jalan Nasional Jambi Palembang Kecamatan Mestong Kabupaten Muaro Jambi.

Arman sebagai kepala desa Ibru menjelaskan "kami telah mengutus 3 (tiga) unsur lembaga untuk mengikuti kegiatan tersebut yaitu BUMDesa, POKDARWIS dan UMKM dengan harapan lembaga-lembaga tersebut mampu berkolaborasi dalam membangun desa wisata yang terintegrasi” tuturnya.

Agenda ini tentunya agenda Sangat bagus dilaksanakan guna berkembangnya desa dan edukasi dalam pembangunan desa, apalagi desa Ibru dengan karakteristik desa yang memiliki beragam macam potensi diataranya potensi alam/panorama, perusahaan, tambang dan pondok pesantren (Al-Muttaqin) diharapkan mampu mempercepat pembangunan desa wisata yang terintegrasi

Selain itu, Menurut Anggoro Kasih sebagai Direktur BUMDesa Suka Makmur utusan Desa Ibru menyampaikan “ Agenda ini bermanfaat dan sangat dibutuhkan bagi edukasi desa yang memiliki potensi dalam pengembangan Pariwisata” Ujarnya.*